indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

840 Anggota PPS Dilantik, Ketua KPU Syam Zamiat Nursyamsi: Harus Menjaga Netralitas

840 Anggota PPS Dilantik, Ketua KPU Syam Zamiat Nursyamsi: Harus Menjaga Netralitas

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung melaksanakan pelantikan terhadap 840 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung tahun 2024 di Kabupaten Bandung di Hotel Sutan Raja Soreang, Minggu (26/5/2024).

Ketua KPU Kabupaten Bandung Syam Zamiat Nursyamsi mengatakan KPU Kabupaten Bandung saat ini melaksanakan pelantikan 840 anggota PPS yang tersebar di 270 desa, 10 kelurahan, 31 kecamatan di Kabupaten Bandung.

“Insya Allah kami siap menghadapi Pilkada Serentak 2024. Setelah mereka dilantik, hari ini mereka langsung mengikuti bintek,” kata Syam dalam keterangannya.

Syam juga mengatakan para petugas yang ada di PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), mulai besok atau Senin (27/5/2024) sudah mulai menyiapkan taman TPS (Tempat Pemungutan Suara) karena Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP 4) sudah mulai keterima.

“Tiga hari kedepan kami akan melaksanakan bimtek terkait data pemilih di desa masing-masing,” katanya.

Ia mengungkapkan jumlah TPS di Kabupaten Bandung yang sudah dilaporkan ke KPU Provinsi Jabar sekitar 7.500 TPS. Sedangkan pada pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 lalu sebanyak 11.034 TPS. 

“Sekarang jumlah TPS-nya berkurang, karena jumlah pemilihnya jadi dua kali lipat. Kalau kemarin maksimal 300 pemilih/TPS, kalau sekarang maksimal 600 pemilih. Maka otomatis jumlah TPS berkurang hampir setengahnya dan itu sudah dikunci dari provinsi dan mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi," jelasnya.

Syam mengatakan Pilkada 2024 harus dilaksanakan dengan jujur, adil, transparan dan akuntabel. Penyelenggara pesta demokrasi harus profesional.

“PPS harus mampu menjaga netralitas, integritas untuk mendapatkan kepercayaan publik. Selain itu dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya,” harapnya. 

Ia pun berharap anggota PPS yang baru dilantik bisa menunjukkan tanggung jawab, dedikasi dan loyalitas.

"Berikan pelayanan terbaik. Sukses Pilkada membutuhkan peran serta semua pihak. Saya ucapkan selamat atas dilantiknya 840 anggota PPS ini," katanya.

Syam pun berharap kepada anggota PPS untuk segera beradaptasi dengan lingkungan, kepala desa, masyarakat dan pemangku kepentingan.

"PPS harus bekerjasama dengan RT, RW karena mereka tahu kondisi masyarakat bertahan. Tak ada lagi data kependudukan yang tidak terakomodir atau tercatat," ujarnya.(**).

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow