indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

AJP 2024 Energizing The Acceleration, Muhammad Putra Dewanto: Sosialisasi  Panas Bumi Agar Lebih Diterima Masyarakat

AJP 2024 Energizing The Acceleration, Muhammad Putra Dewanto: Sosialisasi  Panas Bumi Agar Lebih Diterima Masyarakat

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Puluhan wartawan dari berbagai media massa, baik media elektronik/televisi, radio, media cetak maupun media online hadir pada kegiatan rangkaian pelaksanaan Anugrah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 di Hotel Grand Tjokro Bandung Jalan Cihampelas Kota Bandung Jawa Barat, Senin (23/9/2024).

AJP 2024 dengan tema Energizing The Acceleration yang dikemas Pertamina itu merupakan bagian dari Media Briefing dan Sharing Session untuk Teritori Jawa Barat. AJP 2024 ini dilaksanakan di semua teritori di Indonesia. 

Pada AJP 2024 itu, turut dijelaskan pilar publikasi, yaitu menjaga ketahanan energi nasional, transisi energi dan mengoptimalkan energi baru terbarukan (EBT), sustainability dan Environment, Social, and Governance (ESG) program, go global. 

Pilar Topik AJP 2024, yaitu berkaitan dengan bisnis dan non bisnis. Bisnis; operasi eksisting, kerjasama/bisnis baru, inovasi, digitalisasi, proyek, Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), transisi energi dan energi hijau, energi baru terbarukan, sustainability, ekspansi bisnis luar negeri, dan event/forum energi. 

Non bisnis; pelestarian lingkungan, 
program Corporate Social Responsibility (CSR), Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, diversity, equility dan inclusion, dukungan ke seni, olahraga dan musik, event non-bisnis. 

Katagori AJP 2024, yaitu bisnis maupun non bisnis, baik dalam hal karya tulis, karya tv, karya radio, karya essay foto.

Media & Communication PT Pertamina Geothermal Energy Tbk, Muhammad Putra Dewanto mengatakan dilaksanakannya AJP 2024 dengan tema Energizing The Acceleration bisa mensosialisasikan panas bumi agar lebih diterima masyarakat di Indonesia, khususnya di Regional Jawa bagian Barat.  

Putra Dewanto mengungkapkan bahwa pemanfaatan energi panas bumi di Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Kamojang Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung itu sudah berlangsung kurang lebih selama 40 tahun. 

"Sudah digunakan listrik dan uapnya. Jadi kita juga berusaha terus untuk bisa menemukan sumur-sumur baru lagi di Area Kamojang dan kita bisa lebih maksimal lagi untuk listriknya," katanya kepada wartawan.

Ia pun turut menjelaskan pelaksanaan konservasi alam yang dilaksanakan Pertamina, di antaranya sudah ada Elang Kamojang. Pertamina juga turut membantu masyarakat melalui pemanfaatan atau penyaluran CSR.

"CSR itu intinya untuk masyarakat. Jadi bukan hanya sekedar perusahaan saja yang berdiri, tapi kita juga ingin berdiri bersama masyarakat sama-sama menjadi sejahtera di Area Kamojang," tuturnya. 

Putra Dewanto mengatakan, PGE ingin di mana ada sumber daya panas bumi, PGE juga ingin memanfaatkan lebih lagi. Karena bukan hanya untuk perusahaan, imbuhnya, tetapi untuk masyarakat lebih umumnya. 

"PGE ingin kita sama-sama  bekerjasama semua perusahaan panas bumi karena kita tidak bisa untuk kerja sendiri di wilayah masing-masing. Jadi kolaborasi sangat diperlukan. Intinya, kita ingin kolaborasi sesama pengusaha panas bumi," ujarnya. 

"Untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Untuk ketahanan energi nasional dan juga untuk transisi energi," katanya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    2
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow