indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

BPBD Kota Sukabumi Sebut Wilayah Lembursitu Kota Sukabumi Berpotensi Diguncang Gempa 6 Magnitudo

BPBD Kota Sukabumi Sebut Wilayah Lembursitu Kota Sukabumi Berpotensi Diguncang Gempa 6 Magnitudo

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Potensi gempa bumi berkekuatan 6 magnitudo diprediksi terjadi di wilayah Lembursitu Kota Sukabumi. Hal itu diprediksi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Suhendar mengatakan, potensi itu diketahui usai Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melakukan penelitian di sepanjang patahan sesar cimandiri.

“Dari penelitian itu PVMBG menemukan adanya potensi gempa bumi diwilayah itu, namun sejauh ini masih on progres penelitian tersebut,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (26/7/2024).

Ia menyebut, sesuai dengan penelitian yang dilakukan secara berkala oleh PVMBG gempa ini disebabkan adanya bebatuan muda di sesar cimandiri.

”Jadi kita jelaskan, penelitian ini dilakukan setelah adanya gempa Cianjur sehingga PVMBG ini aktiv melakukan penelitian sesar Cimandiri. 

Sesuai penelitian, bahwa diketaui di daerah Lembursitu terdapat bebatuan muda sehingga beresiko untuk terjadinya bencana geologi seperti longsor dan gempa bumi,” jelas Suhendar.

Namun dia memaparkan, untuk titik lokasi gempa bumi ini PVMBG belum memberikan informasi secara pasti. Pasalnya, penelitian ini masih terus dilakukan.

“Sesuai peneliatian ini lokasi titik tepatnya belum di temukan karena peneliti ini ada beberapa bidang, seperti peneliti permukaan bumi, bebatuan dan pemetaanya. 

Dan ini belum di gabung semua sehingga saar ini kami masih menunggu hasil daripada penelitian. Kalo setara 3 fase tadi sepanjang sesar cimandiri tadi dia memberikan magnitudo beda – beda ada yang 5,6 hingg 6 lebih magnitudo,” jelasnya.

Suhendar mengatakan, untuk menghindari dampak buruk dari becana ini tambah dia, BPBD pun terus gencar melakukan sosialiasi kepada masyarakat. Karena, meskipun masih dalam tahap penelitian bencana ini bisa kapanpun akan terjadi.

“Untuk dampak itu untuk sementara BPBD selalu gencar memberikan informasi tentang penanggulangan gempa bumi, begitu juga dengan penangananya. Salahsatunya dengan kegiatan sosialisai ke setiap sekolah maupun terjun langsung ke masyarakat,” tandasnya.

Diketahui, sebaran Sesar Cimandiri cukup panjang, membentang mulai dari Teluk Pelabuhanratu hingga ke timur melewati bagian selatan Kota Sukabumi hingga daerah Cireunhas-Gegerbitung, kemudian daerah perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur.

Sesar Cimandiri sendiri merupakan salah satu sesar tertua di Jawa Barat. Membentang mulai dari Teluk Pelabuhan Ratu hingga Subang. Jalur sesar ini mendatar hingga oblique (miring).

Bahkan pusat Survei Geologi mengungkapkan, dalam hasil penyelidikan terbaru, pihaknya menemukan jika terdapat segmen baru Sesar Cimandiri yaitu Segmen Lembursitu.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow