indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Bupati Bogor Berharap DPRD Kabupaten Bogor Dapat Menjadi Mitra Strategis

Bupati Bogor Berharap DPRD Kabupaten Bogor Dapat Menjadi Mitra Strategis

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - DPRD Kabupaten Bogor periode 2024-2029 diharapkan dapat menjadi mitra strategis, bagi Pemkab Bogor sesuai tugas pokok dan fungsinya. 

Hal tersebut dikatakan PJ Bupati Bogor Asmawa Tosepu, kepada wartawan, Sabtu (31/8/2024).

Ia mengungkapkan, terdapat tiga fungsi DPRD yaitu fungsi pembentukan peraturan daerah (Perda), fungsi penyusunan anggaran dan fungsi pengawasan.

Menurutnya, dalam kedudukan DPRD sebagai Mitra Kepala Daerah di dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 telah dipertegas tentang pola perhubungan kemitraan antara DPRD dengan kepala daerah bersifat checks and balances.

Hal ini dimaksudkan untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada setiap periode kepemimpinan kepala daerah, sehingga terjamin kesinambungan penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Oleh sebab itu, sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan Kepala Daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respon cepat dalam pemecahan persoalan rakyat di tingkat lokal, membangun kerjasama efektif di tingkat regional serta mendukung suksesnya agenda prioritas nasional,” kata Asmawa.

Ia juga mengucapkan selamat bekerja kepada para anggota DPRD Kabupaten Bogor masa jabatan tahun 2024-2029 yang baru saja dilantik.

Pemerintah berharap dengan memikul amanah dan beban yang berat ini, anggota DPRD dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sampai purna tugas nanti.

“Saya juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para anggota DPRD Kabupaten Bogor masa jabatan 2014-2024 atas pengabdian dan jasa-jasa kepada bangsa dan negara,” tandas Asmawa.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Rusdi Author
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow