indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Bupati Dadang Supriatna Serahkan Bantuan Sosial Kepada Warga Terdampak Bencana di Kabupaten Bandung

Bupati Dadang Supriatna Serahkan Bantuan Sosial Kepada Warga Terdampak Bencana di Kabupaten Bandung

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyerahkan bantuan sosial kepada warga yang terdampak bencana di sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Bandung. Mereka menerima bantuan sosial antara Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta.

"Bantuan sosial yang tidak dapat direncanakan bagi warga terdampak bencana di Kabupaten Bandung itu,  secara simbolis  diserahkan oleh Bapak Bupati Bandung pada saat kegiatan Rembug Bedas di Desa Margaasih Kecamatan Cicalengka beberapa waktu lalu," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama di Soreang, Jumat (19/7/2024).

Uka Suska mengatakan bantuan sosial itu sebesar Rp 5 juta, dengan kondisi  rusak sedang pada bagian rumah penerima manfaat bantuan tersebut. Sedangkan rumah yang mengalami rusak ringan, katanya, menerima bantuan sosial sebesar Rp 500.000.

"Besaran bantuan sosial itu berdasarkan hasil verifikasi Disperkimtan (Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Kabupaten Bandung. Bantuan sosial ini diharapkan dapat meringankan beban warga masyarakat, khususnya yang terdampak bencana," kata Uka Suska.

Ia menyebutkan bantuan sosial ini sebagai bentuk perhatian Bupati Bandung terhadap warga yang terdampak bencana.

"Kami berharap bantuan sosial ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para penerima manfaat," harapnya.

Uka Suska menyebutkan Bupati Bandung sangat perhatian terhadap warga, yang selama ini menjadi korban bencana. Baik yang terdampak bencana banjir maupun angin kencang. 

"Meski demikian, bantuan yang diberikan Pak Bupati itu disesuaikan  dengan tingkat kerusakan rumah. Untuk itu, kita berharap kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi ancaman bencana," katanya.

Uka Suska pun turut menjelaskan secara garis besar penyerahan bantuan sosial tersebut. Di antaranya, bantuan sosial untuk warga yang terdampak banjir tanggul jebol di Desa Citeureup Kecamatan Dayeuhkolot dan menyebabkan 20 unit rumah rusak sedang. 

Selain itu, katanya, bantuan bencana untuk warga yang terdampak bencana angin kencang di Desa Pasawahan Dayeuhkolot yang menyebabkan  37 unit rumah rusak ringan.

Di Desa Sukamaju Kecamatan Cimaung sebanyak 44 unit rumah rusak ringan akibat angin kencang. Di Desa Cimaung sebanyak 28 unit rumah rusak ringan akibat angin kencang 

Di Desa Bojong Malaka Kecamatan Baleendah sebanyak 126 unit rumah rusak ringan. Di Desa Rancamanyar sebanyak 23 unit rumah rusak ringan akibat angin kencang. Di Kelurahan Andir sebanyak 149 unit rumah rusak ringan akibat angin kencang.

Di Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya sebanyak 51 unit rumah rusak ringan.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow