indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Bupati Sukabumi Lakukan Kunker ke Desa Punggul Bali, Desa Digital Terbaik di Indonesia

Bupati Sukabumi Lakukan Kunker ke Desa Punggul Bali, Desa Digital Terbaik di Indonesia

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM , - Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melakukan kunjungan kerja ke Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, terkait penerapan tatakelola desa digital. Desa Punggul sendiri merupakan desa terbaik dalam penerapan konsep desa digital di Indonesia, Rabu, (26/6/2024).

Platform desa digital berfokus pada berbagai kebutuhan informasi, pelayanan publik, perekonomian dan pemberdayaan. 

Jadi Desa digital memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya dengan mengintegrasikan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan serta mewujudkan ekosistem yang inovatif sekaligus terbuka.

Dengan demikian konsep desa digital adalah meminimalkan kesenjangan informasi di pedesaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. 

“Penerapan pelayanan digital dengan tagline 5 jari yang berarti semua pelayanan selesai dalam 5 menit, merupakan pemenuhan kebutuhan masyarakat bukan keinginan semata,” kata Wali Kota Desa Punggul Kadek Sukarna, saat menerima kunjungan Bupati Sukabumi beserta rombongan.

Lebih lanjut, perbekel yang sejak tahun 2014 tersebut, menjelaskan terkait ekosistem desa digital seperti SDM, pemberdayaan, pembiayaan, infrastruktur, aplikasi dan media sosial, data, serta beberapa program unggulan desa seperti pengolahan sampah, Pendidikan PUD, layanan publik, antar jemput sekolah disertai arahan tahapan pencapaiannya.

Bupati mengucapkan terimakasih atas penerimaan yang sangat baik dan penuh kekeluargaan dari seluruh aparatur Desa Punggul 
“Nuansa desa digital memang sangat terlihat begitu masuk ke kantor desa, seperti aplikasi buku tamu terintegrasi, monitor/dashboard keadaan lingkungan desa, serta pelayanan yang tidak lagi menggunakan formulir (paperless) semua berbasis aplikasi,“ terang Bupati Marwan.

Hal yang paling menarik adalah bagaimana dana desa digunakan untuk kebutuhan masyarakat desa di semua sektor dan pendidikan bagi masyarakat dalam mengubah budaya masyarakat dalam menjamin keberhasilan digitalisasi layanan.

"Sangat mudah bagi kita untuk menerapkan keberhasilan desa punggul ini di Kabupaten Sukabumi," ujarnya.

Bupati juga berharap dapat melakukan kunjungan selanjutnya bersama kepala desa yang ada di Sukabumi supaya dapat belajar secara langsung, sehingga penerapan Desa Digital di kabupaten Sukabumi dapat terwujud dengan baik dan efektif.

Di penghujung acara, bupati berkesempatan meninjau keberhasilan obyek wisata air terjun taman beji griya yang letaknya tak jauh dari kantor desa punggul. 

diketahui dengan baik bahwa objek wisata tersebut menjadi destinasi bertaraf internasional.

 “Alhamdulillah kami diterima langsung oleh owner Ida Bagus Oka didampingi GM I Dewa Mas Yoga, kami harus bisa menerapkan strategi pengelolaannya di Sukabumi,” tandas Marwan.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow