indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Kunjungi Korban Puting Beliung, Di Pos Layanan BPBD Rancaekek

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Kunjungi Korban Puting Beliung, Di Pos Layanan BPBD Rancaekek

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, Bandung – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan, 579 sebanyak lebih dari 3 kecamatan, bangunan mengalami kerusakan akibat puting beliung di 3 Kecamatan yang diantaranya Desa Nanjungmekar Kecamatan Rancaekek, Cileunyi, dan Kecamatan Cicalengka.Selain itu, terdata juga, sampai dengan hari ini sebanyak 499 KK dan 1.879 menjadi korban,” ungkapnya,” ungkap Kepala Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setiawan saat memberikan keterangan kepada indokliknews.com, Jumat (23/2/2023).

Dalam kesempatan itu,Mayjen TNI Fajar Setiawan, Kepala Deputi Penanggulan Bencana BNPB, mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan gambaran awal mengenai dampak bencana angin putih beliung di Kabupaten Bandung.

“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat terdampak tidak menderita terlalu lama,” kata Mayjen Fajar. “Oleh karena itu, kami datang ke sini untuk memberikan bantuan dasar seperti makanan, peralatan, dan tenda pengungsian.”

Bantuan untuk perbaikan rumah yang rusak akan diproses setelah dilakukan asesmen dan klasifikasi kerusakan. BNPB akan bekerja sama dengan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten untuk membantu perbaikan rumah yang memenuhi kriteria, “Mungkin perlu waktu untuk menyelaraskan sinergi antara semua pihak. “Tetapi kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana ini. kata Mayjen Fajar.

Ia pun menambahkan, BNPB memberikan dukungan operasional penanganan darurat bencana angin puting beliung sebanyak Rp150 juta rupiah dan bantuan logistik dan peralatan berupa makanan siap saji sebanyak 300 pouch, paket sembako 300 paket, tenda pengungsian 1 set, air mineral 300 dus, hygine kit 100 paket, genset 2 unit, pompa alkon 5 unit, chain saw 5 unit, alat pemotong besi 2 pcs, terpal 100 pcs, biskuit protein 200 bungkus, matras 100 pcs, dan selimut 100 pcs.ujarnya.

Fajar juga mendapatkan, laporan bahwa sebanyak 579 rumah mengalami kerusakan akibat puting beliung ini. Dia pun memastikan bahwa pemerintah akan melakukan asesmen untuk penanganan lebih lanjut. “Juga ada beberapa kerusakan rumah, tadi 579 rumah yang nanti kita assessment,” sambungnya.

“Selebihnya kehadiran kami di sini membuktikan bahwasanya pemerintah tetap wajib hadir juga ada pastikan bahwa di sini butuh penanganan cepat atas bencana alam. Pemerintah pusat dalam hal ini kami dari BNPB, Kemensos, BMKG juga ada sama-sama memastikan bahwa disini membutuhkan penanganan cepat,” kata dia.

Fajar pun menegaskan kedatangan BNPB tidak hanya meninjau atau monitoring dalam hal mengecek tetapi kita juga langsung memberikan bantuan. “Tadi sudah kita lihat bersama-sama dala pemberian bantuan makanan siap saji dan operasional untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan,”pungkasnya

Ditempat yang sama juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, Dr. H. Cakra Amiyana. S.T. MA, yang didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Uka Suska Puji Utama, Dinas Sosial (Dinsos),Kepala.Disdamkar, Iman Irianto,Kapolsek Rancaekek, Kompol Deny Sunjaya, S.H., M.H dan Camat Rancaekek, Ir. H. Diar Hadi Gusdinar mengatakan bahwa prioritas utama saat ini adalah memenuhi kebutuhan dasar para korban bencana, seperti makanan, tempat tinggal, dan pembinaan. Dapur umum dan tenda pengungsian telah didirikan untuk membantu para korban. Bantuan logistik juga akan menyusul setelah dilakukan asesmen.ujarnya.

“Kita ingin masyarakat yang tinggal di dekat aliran sungai untuk segera mencari tempat aman saat hujan lebat terus-menerus,” imbau Sekda Cakra. “Hal ini untuk menghindari potensi korban jiwa dan kerusakan harta benda.” ujarnya.

Mengenai angin kencang yang terjadi, Sekda Cakra mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan kajian untuk memitigasi dan meminimalisir dampak kerusakan di masa depan. pungkasnya. (bimantara)**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
admin Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow