indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Diduga Akibat Cuaca Ekstrem Ratusan Hektar Lahan Pertanian di Kabupaten Sukabumi Alami Kekeringan

Diduga Akibat Cuaca Ekstrem Ratusan Hektar Lahan Pertanian di Kabupaten Sukabumi Alami Kekeringan

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Diduga akibat cuaca ekstrem, ratusan hektare lahan pertanian di Kabupaten Sukabumi terdampak kekeringan. Langkah strategis pun diambil Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi untuk mengatasi situasi tersebut.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi Hastuty Harahap melalui Kepala Bidang Prasarana dan Penanggulangan Bencana Pertanian Gilar M Akmal menyebut, menurut laporan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), 279 hektare lahan terdampak kekeringan selama 16 hingga 31 Agustus 2024.

"Kekeringan tingkat ringan 248 hektare, tingkat sedang 28 hektare, dan berat 3 hektare, sehingga total keadaan kekeringan Agustus sebesar 279 hektare," sebut Gilar kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

Ia menyebut, jika cuaca ekstrem terus berlanjut, dampak kekeringan diperkirakan akan bertambah menjadi 499 hektare. Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi ini semakin parah, Distan memfasilitasi kelompok tani dengan menyediakan 307 unit pompa air.

Ia berharap. Fasilitas sarana pompa air, prasarana irigasi perpompaan, prasarana pipanisasi, irdang, dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), bisa menyelamatkan lahan sawah yang terkena kekeringan maupun terancam kekeringan.

"Fasilitas pompa air ini juga membantu meningkatkan indeks pertanaman padi untuk mendukung perluasan area tanam di Kabupaten Sukabumi dengan harapan bisa meningkatkan produksi padi atau gabah," tandas Gilar.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Rusdi Author
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow