indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Dinas PUTR Kabupaten Bandung Gelar Rapat Koordinasi Penanganan Sampah di Kelurahan Rancaekek Kencana

Dinas PUTR Kabupaten Bandung Gelar Rapat Koordinasi Penanganan Sampah di Kelurahan Rancaekek Kencana

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, Bandung – Rapat Koordinasi Persampahan di Kelurahan Rancaekek Kencana yang menandai langkah penting dalam mewujudkan Rancaekek bebas sampah organik, yang di gelar Dinas PUTR Kabupaten Bandung. di GOR Kelurahan Rancaekek Kencana. Selasa (26/3/2024)

Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan Dinas Pekerjaan Umum & Tata Ruang Kabupaten Bandung, Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pertanian, Camat Rancaekek, Lurah Rancaekek, para lembaga Kelurahan Kencana, Ketua Forum RW, Para
Ketua Bank sampah unit Seroja dan Ketua Bank Sampah unit pulihkan, serta tokoh masyarakat lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum & Tata Ruang Kabupaten Bandung, Dr. Ir. H. Zeis Zultaqwa, S.T., M.M., dalam memberikan sambutannya menekankan untuk berkomitmen bersama dalam mewujudkan Rancaekek bebas sampah organik.

Ini merupakan Pilot project yang sudah dicanangkan oleh Pak Bupati Bandung, HM. Dadang Supriatna dan ini bukan hanya seremonial saja. Kami sudah melakukan langkah – langkah konkret bersama Camat, LPMK, DPMD,LH, dan Dinas Pertanian,” paparnya.

Program BEDAS OKE (Bedah Desa Kelola Sampah Organik) menjadi fokus utama dalam rapat ini. Program ini bertujuan untuk mengolah sampah organik di tingkat kelurahan melalui berbagai metode, seperti komposting, biopori, dan maggot.

Rancaekek Kencana dipilih sebagai pilot project karena memiliki potensi besar untuk menjadi model percontohan bagi kelurahan lain di wilayah Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung menargetkan dalam 2 tahun ke depan, Kabupaten Bandung tidak lagi membutuhkan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah. Hal ini akan dicapai dengan mengoptimalkan pengolahan sampah di tingkat kelurahan.

Keberhasilan program ini membutuhkan kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

” Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan mengolah sampah organik di rumah tangga dan mendukung program BEDAS OKE,” ujar Dr. Zeis

Kepala Dinas PUTR  Kabupaten Bandung menambahkan “Kegiatan ini berfokus pada perencanaan cara penanganan persampahan yang ada, serta pembangunan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) .Penanganan Persampahan di Suatu Daerah harus semua elemen masyarakat mendukung tentang perencanaan pengolahan sampah yang bisa di jadikan  edukasi dan percontohan buat Desa yang lain.ujarnya

Rapat Koordinasi Persampahan Rancaekek Kencana menjadi tonggak penting dalam mewujudkan Rancaekek bebas sampah organik. Dengan komitmen bersama dan partisipasi aktif masyarakat, target bebas TPA dalam 2 tahun ke depan bukan lagi mimpi.pungkasnya.

Sementara itu Camat Rancaekek Ir Diar Hadi Gusdinar, M.Si dalam sambutannya menekankan “Pentingnya perencanaan matang terkait lahan pengolahan TPS 3R di Kelurahan Kencana, “Tujuannya adalah agar masyarakat dapat memahami manfaat besar dari pengolahan sampah dan mendapatkan edukasi tentang pengelolaan sampah.ujarnya.

Lurah Kelurahan Rancaekek Kencana Tito Sumitro mengatakan terkait lahan TPS 3R yang akan di bangun di Rw 12 ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar.ujarnya

Ia pun menambahkan semoga dengan sosialisasi penanganan persampahan dan pembangunan TPS 3R oleh Dinas PUTR dan Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Pertanian dan Dinas DPMD, “Kedepannya masyarakat Kelurahan Kencana dapat memanfaatkan sampah sebagai sumber penghasilan dan berkontribusi dalam menjaga lingkungan yang bersih dan Sehat”pungkas Lurah Rancaekek Kencana kepada wartawan usai kegiatan Sosialisasi persampahan.(bimantara)**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
admin Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow