indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Dispusip Gelar Sosialisasi Budaya Membaca dan Minat Literasi

Dispusip Gelar Sosialisasi Budaya Membaca dan Minat Literasi

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bandung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Budaya Membaca dan Minat Literasi dengan Tema “Strategi Meningkatkan Minat Baca Masyarakat”. 

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan pada Selasa 9 Juli 2024 lalu, turut dihadiri Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna diwakili Kepala Dispusip Kabupaten Bandung H. Teguh Purwayadi dan jajaran Dispusip lainnya.

Sosialisasi budaya membaca adab minat literasi ini dilaksanakan di Hotel Grand Pasundan yang dihadiri oleh semua unsur pilar literasi; Bunda Literasi tiap Dapil di Kabupaten Bandung, Paguyuban Duta Baca Kabupaten Bandung, para pegiat naskah kuno, guru, Pegiat TBM (Taman Bacaan Masyarakat), Pendongeng, Budayawan, dan Media. 

Dalam upaya memetakan strategi dan memberikan insight kepada semua pilar literasi, dihadirkan 2 pemateri yang mumpuni di bidangnya. Yaitu Asep Saiful Rohman, S.Sos. M.I.Kom.,  (Akademisi Unpad) dan Vicky T. Oktrya, S.Pd., MBA., (Pendiri Yayasan Literasi Cerita Sore).

Asep Saiful Rohman menjelaskan dengan sangat detail, langkah-langkah yang mesti dilakukan agar mampu menarik dan menumbuhkan minat baca di masyarakat. Mulai dari memiliki bahan bacaan yang berkualitas, sarana prasarana yang  cukup, kegiatan yang berorientasi pada pemecahan masalah, pemberdayaan masyarakat, hingga dukungan finansial yang baik. 

Para peserta juga diberikan edukasi serta praktik baik dalam mendongeng dan read aloud pada anak-anak oleh Vicky, seorang praktisi literasi. 

Semua peserta aktif dalam berdiskusi dengan saling bertukar ide dan pengalaman. Kegiatan berlangsung dengan sangat baik. 

Dalam momentum ini juga, semua peserta menandatangani komitmen bersama dalam upaya menumbuhkan minat literasi di masyarakat. Untuk mewujudkan SDM yang unggul dan terciptanya masyarakat Kabupaten Bandung Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis, dan Sejahtera (BEDAS).

Salam literasi! Literasi Untuk Kesejahteraan.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow