indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Dispusip Hadirkan Mobil Perpustakaan Keliling, Para Pelajar Jadi Inspirasi  Meningkatkan Kegemaran Baca Buku

Dispusip Hadirkan Mobil Perpustakaan Keliling, Para Pelajar Jadi Inspirasi  Meningkatkan Kegemaran Baca Buku

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Sejumlah anak-anak yang merupakan pelajar Sekolah Dasar (SD) di Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung bisa menjadi inspirasi bagi siswa lain seusianya.

Bagaimana tidak, para siswa tersebut memanfaatkan kehadiran mobil perpustakaan keliling yang dihadirkan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bandung untuk membaca buku, Sabtu (7/9/2024).

Mobil Perpustakaan Keliling Bedas itu merupakan bagian dari program Rembug Bedas yang dilaksanakan Pemkab Bandung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung. 

Pada hari Sabtu itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna yang didampingi Kepala DPMD Kabupaten Bandung Tata  Irawan, Kepala Dispusip Kabupaten Bandung Teguh Purwayadi dan jajaran OPD Kabupaten Bandung lainnya melaksanakan Rembug Bedas di tiga desa di Kecamatan Rancaekek.

Ketiga desa itu, yakni di Desa Tegalsumedang, Desa Sukamanah dan Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek.

Kepala Dispusip Kabupaten Bandung Teguh Purwayadi sangat senang dan bangga melihat antusias para pelajar SD yang memanfaatkan kehadiran mobil perpustakaan keliling untuk membaca buku.

"Para siswa langsung mendekati mobil perpustakaan keliling, untuk membaca buku sesuai dengan usia dan kebutuhannya. Pegawai dari Dispusip pun mengarahkan dan membimbing para siswa itu disaat hendak membaca buku, dan menyesuaikan kebutuhan buku yang mereka hendak baca," tutur Teguh.

Teguh berharap dengan hadirnya mobil perpustakaan keliling di masing-masing desa saat pelaksanaan Rembug Bedas maupun Bunga Desa Bupati Bandung, dapat meningkatkan minat baca atau kegemaran masyarakat membaca buku, khususnya para pelajar.

"Intinya kita berharap buku bacaan yang ada di mobil perpustakaan keliling itu untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat maupun para pelajar untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Dengan ilmu kita bisa sejahtera, dengan ilmu kita bisa menguasai dunia, dengan ilmu kita bisa  jadi raja, seperti yang diungkapkan oleh Bapak Bupati Bandung Dadang Supriatna," tuturnya.  

Teguh mengatakan, Bupati Bandung pun kerap memberikan bantuan wakaf buku kepada Bunda Literasi Desa.  Dengan harapan buku yang disalurkan ke desa-desa itu bisa meningkatkan literasi masyarakat untuk membaca buku.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow