indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Distan Kabupaten Bandung Gelar Sosialisasi dan Rembug Tani Sekolah Lapang (SL) Pengelolaan Tanaman Terpadu  Padi Sawah

Distan Kabupaten Bandung Gelar Sosialisasi dan Rembug Tani Sekolah Lapang (SL) Pengelolaan Tanaman Terpadu  Padi Sawah

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Dinas Pertanian Kabupaten Bandung diwakili Neneng Indriana, SP. menghadiri dan membuka acara kegiatan Sosialisasi Percontohan Penerapan Teknologi Pertanian Sekolah Lapang Tematik Pertanian Organik dan Rembug Tani serta memberikan arahan ke seluruh peserta dalam sambutanya menekankan bahwa kegiatan ini adalah salah satu solusi alternatif, oleh karena itu pangan harus selalu terjaga ketahanannya. Dengan adanya kegiatan SL Tematik, dan berharap kita mendapatkan keberkahan dan kemajuan dalam bidang pertanian,” ujarnya.

Kegiatan Sosialisasi dan rembug Tani adir turut di hadiri Camat Rancaekek, yang diwakili Kasie Pemberdayaan Masyarakat, Jajang Wahyudin, Kepala Desa Rancaekek Kulon, Helmi Yuzak,Ketua LPMD, Desa Rancaekek Kulon, Babinsa Rancaekek Kulon, Serka INF. Hendri Sudrajat serta para Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Rancaekek, Koordinator BPP Rancaekek, petani dan para Kelompok tani Se- Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. 

BPP Rancaekek sebagai pelaksana kegiatan Sosialisasi dan Rembug Tani di laksanakan Sekolah Lapang Tematik yang bertempat di Sekretariat Gapoktan Padasuka jalan Rancasepat, Desa Rancaekek Kulon Kecamatan Rancaekek. Kabupaten Bandung. Rabu (14/8/2024).

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan Pertanian Pro Organik yang mengedepankan penggunaan bahan organik sebagai bahan dasar pembuatan pupuk, pembenahan tanah, dan pestisida alami sebagai solusi atas biaya sarana produksi pertanian, khususnya pupuk yang semakin tinggi, disamping sebagai upaya mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan.

Sosialisasi ini merupakan tahap awal dari pelaksanaan Sekolah Lapang Pertanian Organik (Genta Organik) untuk menginformasikan secara detail kegiatan dimaksud dan selanjutnya akan diadakan Rembug Tani guna membahas teknis pelaksanaan lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Hj. Nuryulia Syahmi, S.Pt. Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Rancaekek Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung menyampaikan Sekolah Lapang (SL) dilaksanakan disini adalah Rancaekek merupakan salah satu kabupaten penyedia pangan nasional. Dan kita ketahui semua bahwa pangan merupakan salah satu senjata atau kekuatan dari suatu negara. Oleh karena itu pangan harus selalu terjaga ketahanannya. Dengan adanya kegiatan SL Tematik. Ujarnya.

Ia pun menambahkan," bahwa rencana pelaksanaan SL Tematik ini diikuti oleh para petani dengan kegiatan yang meliputi sosialisasi, rembug tani, pembelajaran, dan Farm Field Day (FFD).

“Pada kegiatan SL ini sendiri merupakan rangkaian kegiatan mulai dari persiapan, tanam sampai panen,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi Sekolah Lapang Tematik Pertanian Organik ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan hasil pertanian di Kecamatan Rancaekek. 

Dengan mengadopsi praktik pertanian ramah lingkungan, diharapkan hasil pangan yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan melimpah. 

Selain itu, sosialisasi ini juga memberikan edukasi mengenai teknik pertanian yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Pelaksanaan sosialisasi ini berkomitmen untuk mendukung pendidikan lanjutan bagi para petani di Kecamatan Rancaekek. Partisipasi SL dalam program ini diharapkan dapat memperkuat pengetahuan dan keterampilan petani, sehingga mereka mampu menerapkan teknologi dan praktik pertanian yang lebih modern dan ramah lingkungan.

Harapan ke Depan dengan adanya program Sekolah Lapang Pertanian Ramah Lingkungan ini, diharapkan para petani di Kecamatan Rancaekek dapat meningkatkan produktivitas pertanian mereka. Selain itu, penerapan praktik pertanian ramah lingkungan juga diharapkan dapat menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Kesuksesan program ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan masyarakat setempat. Dengan kerjasama yang baik, Kecamatan Rancaekek dapat menjadi contoh sukses dalam penerapan pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan di Kabupaten Bandung.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow