indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

DLH Kabupaten Bandung Gelar Loka Karya Kampung Bebenah Desa Sejahtera

DLH Kabupaten Bandung Gelar Loka Karya Kampung Bebenah Desa Sejahtera

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM - Loka Karya Kampung BEDAS (Bebenah Desa Sejahtera)  merupakan program unggulan strategis yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Kampung BEDAS ini dinilai dapat mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Bandung 2021-2026.

Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah diwakili Kepala Bidang (Kabid) Konservasi Pengendalian dan Kerusakan Lingkungan (KPKL) DLH Kabupaten Bandung Whindya Wardhani hadir langsung dalam kegiatan tersebut. 

Whindya mengatakan, yang menjadi latar belakang program ini sesuai dengan konsep perencanaan pembangunan terintegrasi berbasis tematik.

"Untuk mencapai hal tersebut diperlukan beberapa aksi kegiatan, mulai gerakan pengelolaan sampah dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan sirkular ekonomi. Selain itu gerakan konservasi berbasis ibadah dan kesejahteraan,  kampanye edukatif lingkungan hidup dalam berbagai kegiatan desa, sinergitas dan kolaborasi program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH)," tutur Whindya di Desa Mekarwangi Kecamatan Ibun, Senin (14/10/2024). 
 
Menurut Kabid, Kampung Bedas merupakan implementasi dari visi Kabupaten Bandung yang dibentuk sebagai strategi Bupati Bandung untuk mewujudkan desa/kelurahan berbudaya lingkungan berbasis partisipasi, kearifan lokal, unggulan tematik kewilayahan, dan berwawasan lingkungan, yang secara mandiri dan konsisten mampu menata, memelihara, dan menjaga lingkungan secara berkelanjutan.

Pada kesempatan yang sama, Camat Ibun Agus Rustandi menyatakan, sangat mengapresiasi, mendukung kegiatan loka karya untuk pembentukan Kampung BEDAS Desa. 

"Pada intinya saya mendukung sekali dengan loka karya untuk pembentukan Kampung BEDAS," ujar Camat Ibun dalam sambutannya.

Dengan adanya program Dinas LH ini, katanya,  hadir juga pihak dari IP (Indonesia Power) guna mendukung pentahelik. 

Fasilitator DLH Kabupaten Bandung Asep Wawan menerangkan, kegiatan riungan ke-8 (loka karya desa) dalam menyampaikan presentasi hasil kajian Desa Mekarwangi Kecamatan Ibun sesuai dengan harapan.

Kegiatan tersebut dihadiri Kader Kampung Bedas, para petani penggarap Pasir Pogor, BPD, LPM, MUI, semua Ketua RW se-Desa Mekarwangi, Kades, Camat, PT IP Kamojang, dan Kabid.

Asep Wawan berharap semoga dokumen rencana aksinya bisa di realisasikan dengan sebaik-baiknya. Ia  mengucapkan terimakasih kepada semuanya termasuk Kabid yang selalu memberikan semangat, sehingga menambah kekuatan yang sangat besar buat semua tim Desa Mekarwangi untuk untuk mewujudkan semua harapan.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow