indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Domba Garut Milik Tata Irawan Juara 1 Kontes Ternak dan Expo Pangan Provinsi Jawa Barat

Domba Garut Milik Tata Irawan Juara 1 Kontes Ternak dan Expo Pangan Provinsi Jawa Barat

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Tak dinyana domba Garut milik H. Tata Irawan dinobatkan sebagai juara 1 kategori raja calon pejantan pada pelaksanaan Kontes Ternak dan Expo Pangan Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 di The Landen Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (25/7/2024).

Tata Irawan selaku pemilik domba Garut tersebut langsung menerima penghargaan juara 1 itu dari Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin dan disaksikan para pihak lainnya. Kontes Ternak dan Expo Pangan itu diselenggarkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Diketahui, Tata Irawan yang merupakan penghobi domba Garut ini adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bandung. Ia pun sudah cukup lama menggemari kontes ternak domba Garut. 

Domba Garut polesannya pun kerap menjadi juara pada berbagai even kontes ternak.

Dikutif dari media online satumedia.id, Kontes Ternak dan Expo Pangan ini berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

“Melalui kontes semacam ini, memberikan dampak positif kepada masyarakat. Saya melihat perputaran uangnya sangat tinggi. Apalagi bagi pemenang kontes, dipastikan nilai ternak piaraannya bakal naik berkali-kali lipat,” kata Bey.

Setelah melihat potensi peternakan dan pangan di expo tersebut, Bey optimistis
Jawa Barat mampu swasembada pangan. Terlebih kualitas dua komoditas tersebut sangat baik.

"Sebetulnya melihat potensi di sini saja, Jawa Barat bisa swasembada pangan. Sektor pertanian dan peternakan kita sangat besar,” katanya.

Dikatakannya, ke depan perlu lebih dioptimalkan pengelolaan sektor peternakan dan pertanian. Sehingga bisa terwujud swasembada beras, daging sapi, kambing, ayam, telur, hingga susu dan segala olahannya.

Menurut Bey, swasembada pangan diharapkan berdampak pada penyelesaian masalah stunting di Jawa Barat. Pasalnya, kalau swasembada pangan tercapai gizi masyarakat bakal lebih baik.

“Sampai saat ini stunting di Jawa Barat poinnya masih 21,7,” sebutnya.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membagikan telur rebus, kue, dan susu yang berasal dari peternakan dan pertanian di Lembang.

"Hari ini kita undang anak-anak sekolah untuk mendapatkan makanan bergizi. Menunya telur, susu juga kue,” kata Bey.

Salah seorang anak, Juan (10) mengaku senang mendapat makanan gratis. Apalagi menunya sangat digemarinya.

“Telur, susu, kuenya juga enak-enak. Mudah-mudahan ini tidak hanya hari ini,” kata siswa 4 SD Negeri Kayuambon 2 Lembang.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow