indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Dukung Desa Wisata, Pemerintah Desa Ini Kedepankan Inovasi Gerakan Citaman Berbuah

Dukung Desa Wisata, Pemerintah Desa Ini Kedepankan Inovasi Gerakan Citaman Berbuah

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM,Bandung – Pemerintah Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung melakukan sebuah inovasi atau terobosan dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Salah satunya adalah melaksanakan gerakan Citaman berbuah.

“Gerakan Citaman berbuah adalah kelanjutan dari Gerakan One Family One Product dalam ruang lingkup melengkapi Desa Wisata Citaman,” kata Kepala Desa Citaman Yayan Heryana yang akrab disapa Abah Yayan dalam keterangannya, Minggu (31/3/2024).

Menurutnya, gerakan Citaman berbuah itu, kali ini dimulai dari kelembagaan desa, seperti RT/RW, LPM, MUI dan Lembaga Pokdarwis.

“Kegiatan ini dilakukan di tanah Carik Desa Citaman dengan komoditi buah alpukat. Gerakan ini dimulai tahun anggaran 2024 dari program ketahanan pangan,” kata Abah Yayan.

Ia mengatakan bahwa Desa Citaman sebagai desa wisata, tentunya andil kelembagaan tersebut harus bisa diandalkan sebagai katalisator penggerak warga.

“Manfaat dari gerakan ini selain mendorong Desa Wisata Desa Citaman (Wisata Petik Buah) juga semua lembaga yang ada dalam ruang lingkup kelembagaan Desa Citaman bisa merupakan investasi kelembagaan,” jelasnya.

Kedepannya, imbuh Abah Yayan,  lembaga-lembaga ini akan mendapatkan pembagian hasil dari pengelolaan wisata buah tersebut setelah panen.

“Dimana pembagian hasil tersebut dapat dijadikan operasional kelembagaan yang saat ini mengalami kesulitan anggaran operasional,” ucapnya.

Setelah gerakan ini berhasil oleh kelembagaan, kata Abah Yayan, maka akan dilanjutkan kepada masyarakat luas dengan sebuah “Gerakan Satu Pohon” per halaman milik warga.

“Dengan harapkan kedepannya, Desa Wisata Desa Citaman bisa menjadi sebuah desa sentra alpukat,” harapnya.(kos)**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
admin Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow