indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Hadapi Pilkada 2024, Kapolres Sukabumi dan Dandim Kompak Serukan Pilkada Aman dan Damai

Hadapi Pilkada 2024, Kapolres Sukabumi dan Dandim Kompak Serukan Pilkada Aman dan Damai

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Guna menjaga kondusifitas wilayah daerah pemilihan 5 terdiri Kecamatan Jampangtengah, Nyalindung, Lengkong, Pabuaran, Purabaya, Gegerbitung, Sagaranten, Curugkembar dan Cidadap. 

Polres dan Kodim 0622 Sukabumi, gelar silaturahmi bersama tokoh masyarakat dan agama wilayah dapil 5, digelar di Aula Balai Diklat kehutanan Jampangtengah, Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (4/9/2024).

Kapolres Sukabumi, AKBP Dr. Samian mengatakan, Kegiatan ini dihadiri seluruh eleman forkopimcam se Dapil 5, dan organisasi kepemudaan, tokoh agama,tokoh masyarakat, pemerintah dan masyarakat.

"Jadi kegiatan ini dalam silaturahmi  bagaimana kita menyapa masyarakat tokoh agama forkopimcam sama-sama bersinergi dengan baik sehingga kedepan pada saat perhelatan pilkada berlangsung kita tahapan-tahapan bisa amankan dengan baik kuasai kondusif amankan dengan baik terkendali, "Kata AKBP Samian dihadapan wartawan, Rabu (4/9/2024).

Samian menjelaskan, untuk kondusifitas menghadapi Pilkada serentak 2024, juga melibatkan berbagai pihak. Begitu juga personil ditempatkan disetiap sektor wilayah dapil 5.

"Pada saat pengamanan kegiatan tentunya TNI Polri akan bersinergi sama-sama menjaga kemanan dan ketertiban, dan itu juga tidak cukup harus bersama-sama dengan masyarakat gerakkan untuk mendukung bekerja sama melalui komunikasi dengan baik kordinasi berkolaborasi menjaga keamanan dan ketertiban wilayah hukum Sukabumi, "jelas Samian.

Ia menyebutkan, adapun jumlah personil diturunkan menjelang Pilkada, pihak Polres Sukabumi akan menempatkan sejumlah personil kepolisian termasuk kebijakan instruksi dari Polda Jawa Barat.

"Kalau personil kita akan maksimalkan terjun kelapangan juga titik-titik ramai dan kerawanan  sehingga titik-titik ramai kita lakukan kegiatan pengawalan. Itu biasanya ada kebijakan dari pimpinan diatas (Polda) membeck Up dari satuan atas (Polda)," katanya.

Untuk menghadapi Pilkada pesta demokrasi, Samian menghimbau kepada elemen masyarakat wilayah Dapil 5 untuk bersama-sama bersinergi dalam menjaga kondusifitas, termasuk menangkal berbagai isu negatif yang menyebar dimasyarakat.

"Himbauan kepada masyarakat mari kita sama-sama menyongsong pelaksanaan pilkada sebagai pesta rakyat lima tahunan dengan suasana yang adem dan tenang, suka cita dan riang gembira, sehingga apa yang harus dilakukan, jangan mudah terprovokasi, jangan menyebarkan berita hoaks, jangan mempolitisasi isu SARA yang bisa menjadi pemicu konflik antar kelompok, jangan lakukan intimidasi dan persekusi, serta jangan melakukan main hakim sendiri," bebernya.

Apapun yang terjadi segera melaporkan ke kepolisian terdekat, bisa ke Polsek, bisa Polres dan bisa langsung melalui aduan 110 atau Hotline Polres Sukabumi yang  langsung Kapolres sebagai operator agar cepat merespon dan segera ditindaklanjuti personel di lapangan. 

"Kita akan bersama-sama bersinergisitas dengan Bapak Dandim, bersama-sama rekan TNI diwilayah hukum Sukabumi menjaga kondusifitas sehingga pelaksanaan pilkada berjalan lancar, sukses, aman dan damai, Pilihan boleh beda, namun persaudaraan tetap dijaga," ujar Samian.

Kapolres menegaskan, apabila ditemukan pelanggaran, pihak Polres Sukabumi, akan lakukan penindakan sesuai atura  hukum yang berlaku dengan profesional dan proporsional, legal dan legitimate.

"Setiap pelanggaran akan dilakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku menjaga kondosifitas wilayah," tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0266 Sukabumi, Letnan Kolonel Kavaleri (Letkol Kav) Andhi Ardana Valeriandra, mengatakan, diacara silaturahmi antar sektor se Dapil 5 ini, merupakan sinergitas antara Polri dan TNI menghadapi Pilkada serentak 2024. Pihak Kodim 6022 akan menurunkan sejumlah personil disejumlah titik, termasuk antisipasi hal tidak diinginkan.

"Tentunya bagi saya selaku Dandim (0622 Sukabumi) di Dapil 5 ini, kita lihat sinergitas cukup luar biasa kondusif wilayahnya.

Jadi kita harapkan dalam rangka pilkada nanti, rasa tentram rasa kondusif rasa saling menghormati pelaksanaan Pilkada. 

Tentunya dalam rangka pilkada ini, kami berdua sama Kapolres akan menurunkan personil sesuai kapasitasnya masing - masing untuk menjaga wilayah Dapil 5 ini dengan prioritas koramil-koramil, ini kita bantu dengan unsur yang ada dari masyarakat dan Sat Pol PP atau unsur Linmas yang lainnya, kita tersebar diwilayah dapil 5 ini," katanya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Rusdi Author
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow