indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Hadapi Pilkada Serentak 2024 dan Cuaca Ekstrem, Pemkab Bandung Lakukan Pengecekan Peralatan Kebencanaan

Hadapi Pilkada Serentak 2024 dan Cuaca Ekstrem, Pemkab Bandung Lakukan Pengecekan Peralatan Kebencanaan

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melaksanakan pengecekan peralatan kebencanaan yang ada di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Komplek Pemkab Bandung, Soreang, Senin (21/10/2024). 

Pengecekan peralatan kebencanaan dan kesiapan personel BPBD itu dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem di Kabupaten Bandung. Selain itu kesiapan menghadapi pelaksanaan Pilkada Serentak Nasional 27 November 2024.

Pengecekan itu dilaksanakan oleh Pjs. Bupati Bandung Dikky Achmad Sidik diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ruli Hadiana dan Kepala Pelaksana BPBD Uka Suska Puji Utama. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Yudi Abdurahman juga turut hadir di BPBD, selain petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan juga melakukan pengecekan kesehatan personel BPBD Kabupaten Bandung. 

"Pengecekan peralatan kebencanaan ini untuk memastikan kesiapan peralatan  disaat menghadapi musim hujan. Jika peralatan kebencanaan yang ada di BPBD Kabupaten Bandung mengalami kerusakan untuk segera diperbaiki, guna dipersiapkan disaat menghadapi bencana," tutur Uka Suska usai pengecekan peralatan kebencanaan di Soreang. 

Uka Suska mengatakan pengecekan peralatan kebencanaan itu mulai dari perahu, tenda, genset, dan peralatan kebencanaan lainnya. 

"Termasuk pompa penyedotan air, semua peralatan kebencanaan dicek. Kesiapan personel BPBD juga menjadi perhatian khusus dalam persiapan menghadapi kebencanaan," katanya.

Tak hanya itu, imbuhnya, kesiapan personel dalam memasak di dapur umum disaat menghadapi bencana, juga menjadi perhatian serius. Mereka langsung praktek memasak untuk menyajikan makanan yang enak dan lezat serta layak untuk dikonsumsi. 

"Tetapi untuk memasak di dapur umum, sebenarnya sudah memiliki kemampuan. Meski demikian, kita perlu melaksanakan pelatihan untuk mengoptimalkan kemampuan dalam memasak di dapur umum saat penanggulangan bencana," ujarnya. 

"Jadi tadi kita langsung praktek memasak di dapur umum, untuk melatih kecepatan dan terampil dalam memasak.  Kebersihan peralatan dan makanan yang dimasak juga jadi perhatian, selain rasanya harus enak  dan layak dikonsumsi, juga memiliki kandungan vitamin yang baik," imbuhnya.

Untuk mengoptimalkan kemampuan memasak itu, kata Uka Suska, personel BPBD langsung praktek memasak kebutuhan makanan, yang bisa didistribusikan untuk masyarakat disaat penanggulangan pasca bencana.

Selain pengecekan peralatan kebencanaan, katanya, juga  dilaksanakan pengecekan personel  saat pelaksanaan apel rutin di lingkungan BPBD tersebut. 

"Hal itu untuk menumbuhkan kedisiplinan dan jiwa korsa kebersamaan. Setelah apel rutin, baru dilakukan pengecekan peralatan kebencanaan," ucapnya.

Lebih lanjut Uka Suska mengatakan, pengecekan peralatan kebencanaan dan kesiapan personel BPBD itu, juga dalam menghadapi Pilkada Bandung 27 November 2024 mendatang. Yaitu untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Bandung, selain Gubenur dan Wakil Gubernur Jabar. 

"Apalagi dengan adanya surat edaran dari BMKG (Badan Meteorologi,  Klimatologi dan Geofisika), pada bulan Nopember 2024 diperkirakan  memasuki musim penghujan. Jadi semua dipersiapkan, diyakinkan bahwa peralatan kebencanaan harus betul-betul digunakan. Personel juga harus siap bertugas. Kita berharap tidak terjadi bencana di Kabupaten Bandung," ujarnya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow