indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Kades Citaman dan Ketua TP.PKK Lakukan Observasi Penyebab Stunting

Kades Citaman dan Ketua TP.PKK Lakukan Observasi Penyebab Stunting

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM,Bandung - Kepala Desa (Kades) Citaman Abah Yayan Heryana bersama Ketua TP PKK Ambu Laela Toyyibah Royani, melakukan observasi untuk memantau penyebab stunting pada anak-anak di desanya.

Observasi ini dilakukan mulai waktu subuh dengan mengunjungi beberapa rumah warga dan mengamati aktivitas anak-anak dari mulai bangun tidur hingga beraktivitas di rumah.

“Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan stunting pada anak-anak di desa kami,” ujar Abah Yayan Heryana dalam sela-sela giat observasi di Desa Citaman, Minggu (23/6/2924).

“Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, kami dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah dan mengatasi stunting,” imbuhnya.

Dalam observasi ini, Abah Yayan Heryana dan Ambu Laela Toyyibah Royani mencatat berbagai informasi, seperti pola makan anak, kondisi sanitasi rumah, dan akses terhadap layanan kesehatan. Mereka juga berdialog dengan orang tua anak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kebiasaan dan perilaku anak.

“Dari hasil observasi, kami menemukan beberapa faktor yang dapat menyebabkan stunting pada anak-anak di desa kami,” ujar Ambu Laela Toyyibah Royani. 

“Faktor-faktor tersebut antara lain kurangnya asupan gizi, kurangnya akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak, serta kurangnya pengetahuan tentang stunting,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil observasi ini, Abah Yayan Heryana dan Ambu Laela Toyyibah Royani akan melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan mengatasi stunting di desanya.

Upaya-upaya tersebut antara lain: 

Meningkatkan edukasi kepada masyarakat tentang stunting, termasuk tentang pola makan yang sehat dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan anak-anak.

Meningkatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak.

Memberikan bantuan makanan bergizi kepada anak-anak yang mengalami stunting.

“Kami berharap dengan upaya-upaya ini, angka stunting di desa kami dapat menurun,” ujar Abah Yayan Heryana.

“Kami berkomitmen untuk terus bekerja keras untuk memastikan bahwa semua anak di desa kami dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal,” katanya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow