indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Kasus DBD Meningkat, Ini yang Dilakukan BPBD dan Dinas Kesehatan

Kasus DBD Meningkat, Ini yang Dilakukan BPBD dan Dinas Kesehatan

Smallest Font
Largest Font
Jajaran BPBD berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung melaksanakan penanganan darurat fogging penyakit demam berdarah dengue (DBD). di Kp. Sukahayu RT 02/RW 10 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi, Kp. Rahayu 01/10 Desa Sukahayu, dan Kp. Cikandang rw 10 Desa Cileunyi Kec. Cileunyi. Sabtu (27/4/2024)./foto: dok BPBD Kab.Bandung.

 INDOKLIKNEWS.COM, Bandung – Jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung melaksanakan penanganan darurat fogging penyakit demam berdarah dengue (DBD). Hal itu setelah adanya kasus DBD di Kabupaten Bandung mengalami peningkatan, sehingga Pemkab Bandung langsung gerak cepat untuk melakukan penanggulangan sekaligus upaya ikhtiar pencegahan.

Bupati Bandung Dadang Supriatna melalui Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama mengatakan, kolaborasi antara BPBD dengan Dinas Kesehatan ini setelah sebelumnya menerima banyak surat dari pemerintah desa terkait permohonan pengasapan untuk penanggulangan atau pencegahan penyakit DBD di desa masing-masing.

“Dalam beberapa hari terakhir ini, kami menerima surat dari sejumlah pemerintah desa di Kabupaten Bandung. Minta bantuan untuk penanggulangan sekaligus pencegahan potensi ancaman penyakit DBD, di antaranya melalui pengasapan atau fogging. Atas dasar itu, kami melaksanakan rapat koordinasi antara BPBD dengan Dinas Kesehatan,” tutur Uka Suska di Soreang, Sabtu (27/4/2024).

Selain dengan Dinas Kesehatan, imbuh Uka Suska, BPBD juga berkoordinasi dengan sejumlah puskesmas di mana desa yang akan dilaksanakan pengasapan.

“Berdasarkan informasi, banyak kejadian warga yang terjangkit penyakit DBD hingga kasusnya dikabarkan mengalami peningkatan,” katanya

Uka Suska mengatakan pelaksanaan pengasapan atau fogging di desa-desa itu sudah dilaksanakan sejak Senin (22/4/2024) lalu hingga saat ini.

“Ya, kita dari BPBD, Dinas Kesehatan dan Puskesmas sama-sama turun ke lapangan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Uka Suska mengatakan, di antara  daerah yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan penanganan darurat fogging penyakit DBD, Kp. Cibejog RT 02/RW 07 Desa Girimekar Kecamatan Cilengkrang, Kp. Paratag 01, 02/RW 03 Desa Melati Wangi Kecamatan Cilengkrang, dan Kp. Cipinang 11&12 Desa Cipinang Kecamatan Cimaung.

Selain itu Kp. Curug RT 04/RW 08 Desa Rahayu Kecamatan Margaasih,
Komplek Cicukang Indah RT 01-06/RW 15 Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih.

Kemudian  Kp. Sukahayu RT 02/RW 10 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi,  Kp. Rahayu 01/10 Desa Sukahayu Kecamatan Cileunyi, dan
Kp. Cikandang rw 10 Desa Cileunyi Kecamatan Cileunyi.(kos)**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
admin Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow