indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Launching Bewara DS, Yosep Nugraha: Akses Internet Sudah Menjadi Kebutuhan Dasar Masyarakat

Launching Bewara DS, Yosep Nugraha: Akses Internet Sudah Menjadi Kebutuhan Dasar Masyarakat

Smallest Font
Largest Font

 INDOKLIKNEWS.COM, Bandung - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Bandung Yosep Nugraha mengungkapkan bahwa akses internet sudah menjadi kebutuhan dasar bagi kehidupan masyarakat. 

Hal ini diungkapkannya saat pelaksanaan launching internet publik gratis  BEWARA DS (Bedas Wifi Sarerea Digital Service) di Posyandu RW 16 Desa Soreang Kecamatan Soreang, Rabu (22/5/2024). 

Launching Bewara DS ini serentak dilaksanakan di 270 desa dan 10 kelurahan se-Kabupaten Bandung.

"Dengan akses internet yang mudah masyarakat dapat mengakses informasi dan berkomunikasi secara luas dengan masyarakat lainnya. Selain itu mengakses layanan publik dan pengembangan kehidupan lainnya, termasuk perekonomian masyarakat," kata Yosep dalam sambutannya di depan Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Bunda Bedas Emma Dety Dadang Supriatna serta sejumlah pihak yang hadir.

Namun demikian, imbuh Yosep, tidak semua masyarakat memiliki akses yang sama terhadap internet. Faktor-faktor infrastruktur yang belum merata, biaya akses yang tinggi dan keterbatasan pengetahuan tentang teknologi informasi sering menjadi hambatan bagi masyarakat dalam memanfaatkan internet.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bandung memahami pentingnya akses internet bagi kemajuan sosial dan ekonomi masyarakat. 

"Oleh karena itu, Bapak Bupati Bandung telah menetapkan kebijakan untuk meningkatkan akses internet dengan berbagai program. Salah satunya pelayanan internet gratis untuk publik. Dengan nama Bewara DS (Bedas Wifi Sarerea Digital Service)," katanya.

Menurutnya, Bewara DS ini meliputi kegiatan instalasi, pemasangan infrastruktur sejak bulan Februari 2024.lalu.

"Alhamdulillah sejak tanggal 6 April lalu, wifi Bewara DS ini sudah siap pakai di 270 desa dan 10 kelurahan di wilayah Kabupaten Bandung," katanya.

Yosep menjelaskan di halaman balai desa sebanyak 202 titik, taman bacaan masyarakat 10 titik, area publik lainnya 68 titik.  Terdiri dari posyandu, sekolah, dan sarana prasarana umum lainnya.

"Dengan tersedianya Bewara DS diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas, pendidikan, ekonomi, keterlibatan komunitas, serta mengurangi kesenjangan digital di kalangan masyarakat Kabupaten Bandung untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bandung yang  Bedas," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Yosep mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung karena kebijakannya dengan wifi gratis bagi masyarakat ini mudah-mudahan menjadi amal jariah sepanjang sinyalnya menyala.

"Sepanjang itu pula pahala dari Allah SWT diberikan kepada siapapun yang terlibat dalam penyediaan wifi gratis bagi masyarakat ini," katanya.(kos)**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow