indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Mahkamah Konstitusi RI Perintahkan Pemungutan Suara Ulang di Beberapa TPS di Desa Mentengsari Cikalongkulon Kabupaten Cianjur

Mahkamah Konstitusi RI Perintahkan Pemungutan Suara Ulang di Beberapa TPS di Desa Mentengsari Cikalongkulon Kabupaten Cianjur

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, Cianjur
Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI memerintahkan pemungutan dan penghitungan suara ulang di TPS 12, TPS 13, TPS 14, dan TPS 16 Desa Mentengsari, Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat. 

Hal tersebut disampaikan Mahkamah dalam sidang pengumuman putusan terhadap Perkara Nomor 55-02-02-12/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 yang dimohonkan calon anggota legislatif (caleg) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Hendry Juanda dalam pemilu DPRD Kabupaten Cianjur Daerah Pemilihan (Dapil) 3.

Ketetapan ini disampaikan majelis hakim MK dalam sidang di Ruang Sidang Pleno Gedung 1 MK, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

“Dalam pokok permohonan, mengabulkan permohonan Pemohon untuk sebagian. Menyatakan hasil perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cianjur Daerah Pemilihan Cianjur 3 harus dilakukan pemungutan suara ulang dan penghitungan ulang surat suara,” kata Ketua MK Suhartoyo.

Menurutnya, pemungutan suara ulang di TPS 15 Dapil Cianjur 3 harus dilakukan karena terdapat tindak pidana pemilu berupa pencoblosan ulang oleh Kades Mentengsari Somantri.

Kades mencoblos ulang surat suara pemilihan calon legislatif DPRD Kabupaten Cianjur 3 yang telah dicoblos.

Sementara itu, Somantri telah diputuskan bersalah oleh Pengadilan Negeri Cianjur dan dijatuhi hukuman penjara sembilan bulan dan denda Rp. 5 juta.

Sedangkan di TPS 12, TPS 13, TPS 14, dan TPS 16 Dapil Cianjur 3, PSU diperintahkan karena saksi pemohon disuruh pulang oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow