indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Melalui Pitaran Pelatih, Ketua Kwarcab Emma Dety: Diharapkan Para Pelatih Bisa Menambah Khasanah Keilmuan

Melalui Pitaran Pelatih, Ketua Kwarcab Emma Dety: Diharapkan Para Pelatih Bisa Menambah Khasanah Keilmuan

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM,Bandung - Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Permanawati mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung yang telah menggagas Diklat Pitaran Pelatih Pembina Pramuka Kabupaten Bandung tahun 2024 ini.

“Saya memandang kegiatan ini adalah kolaborasi yang baik antar mitra dalam upaya meningkatkan pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berdaya saing dan mampu berkontribusi untuk pembangunan di Kabupaten Bandung yang berkelanjutan,” tutur Emma Dety pada acara Diklat Pitaran Pelatih Pembina Pramuka Kabupaten Bandung tahun 2024 di Hotel Grand Sunshine Soreang, Senin (3/6/2024).

Emma Dety memandang bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi yang baik antar mitra dalam upaya meningkatkan pembangunan SDM yang berdaya saing dan mampu berkontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Bandung yang berkelanjutan.

“Proses pendidikan kepramukaan tak bisa lepas dari peran pelatih pembina Pramuka. Karena salah satu fungsi dari pelatih adalah untuk menyiapkan pembina Pramuka yang Andal dan cakap. Hal ini untuk mendukung proses pelatihan di sebuah Gugus Depan agar sesuai dengan ketentuan yang ada,” tuturnya.

Bunda Bedas menyebutkan banyak hal yang perlu dilakukan oleh para pelatih pembina Pramuka untuk dapat terus meningkatkan kualitas diri. 

“Yang selanjutnya akan berpengaruh dengan kualitas anggota Pramuka yang dilatih dalam hal ini adalah pembina Pramuka,” katanya.

"Melalui Pitaran Pelatih ini, diharapkan para pelatih bisa menambah khasanah keilmuan mengenai metode-metode pelatihan yang kekinian dan disesuaikan dengan kebutuhan zaman, serta memperoleh wawasan, keterampilan yang semakin mumpuni guna mendukung tugas mulia meningkatkan peran Pramuka dalam mewujudkan SDM berkualitas untuk mendukung pembangunan Kabupaten Bandung Bedas,” imbuhnya. 

Lebih lanjut Emma Dety mengungkapkan bahwa saat ini sektor pendidikan dan pelatihan generasi muda termasuk para peserta didik, merupakan bagian dari isu strategis bangsa, tidak kecuali di Kabupaten Bandung.

“Sebagai salah satu upaya pembangunan sektor pendidikan, dalam kurikulum sistem pendidikan di Kabupaten Bandung, pemerintah daerah telah menetapkan tiga muatan lokal. Yakni pendidikan Pancasila dan UUD 1945, pendidikan bahasa dan budaya Sunda serta mengaji dan menghafal Al-Qur'an,” jelasnya. 

Oleh karena itu, Emma Dety mengharapkan penerapan muatan lokal tersebut juga dapat disertakan dalam kurikulum kepelatihan di Pusdiklatcab (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang) khususnya dalam pelaksanaan KMD (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar) atau KML (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan ) di lingkungan Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting. 

“Saya mengharapkan korps pelatih Pusdiklatcab Parahyangan agar selalu solid dan menjunjung tinggi nilai-nilai ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana. Tingkatkan inovasi, profesional, tingkatkan ilmu pengetahuan tidak hanya ilmu Pramuka, namun juga intelektual lainnya seperti penguasaan teknologi informasi,” tuturnya. 

Pada kesempatan Diklat Pitaran Pelatih ini, dia menghimbau kepada seluruh peserta untuk mengikuti Pitaran Pelatih ini dengan serius, penuh semangat, dan totalitas.

“Manfaatkan kesempatan berharga ini untuk meningkatkan kapasitas diri, memperluas jaringan, serta bertukar pengalaman dengan pelatih lainnya,” harapnya. 

Ia pun turut mengapresiasi para narasumber atas segala upaya dan dedikasi yang telah dicurahkan.

“Tentunya para peserta dengan penuh kesabaran dan keteladan agar dapat menyerap ilmu dengan maksimal. Tak lupa saya sampaikan penghargaan kepada panitia, atas kinerjanya dalam mempersiapkan pelaksanaan diklat ini,” katanya.

Emma Dety mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama mendukung dan memperkuat Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bandung serta mendukung Program-program pemerintahan daerah yang berkelanjutan.

“Dengan kerja sama yang solid, niscaya kita dapat menciptakan kader-kader bangsa yang tangguh, berkarakter, serta mampu membawa kemajuan di masa yang akan datang,” sebutnya.

Ia berharap Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung saat ini semakin bisa berperan sebagai jembatan yang bisa mengantarkan para generasi muda menuju masa depan yang gemilang.

“Jaga kekompakan dan soliditas antar pengurus, jaga komitmen insya Allah Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat khususnya dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Bandung yang BEDAS (Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera) dan berkelanjutan,” katanya.(** ).

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow