indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Pemilihan Ketua RT Tajurhalang Layaknya Pemilu,Kades Kadipaten Cecep Agah Nagoya: Terkejut Sekaligus Bangga Pemilihan Digelar Secara Demokratis

Pemilihan Ketua RT Tajurhalang Layaknya Pemilu,Kades Kadipaten Cecep Agah Nagoya: Terkejut Sekaligus Bangga Pemilihan Digelar Secara Demokratis

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, -
Pemilihan Ketua RT02- RW 3 Dusun Tajurhalang Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya digelar layaknya pemilihan umum (Pemilu) Presiden- Legislatif.

Pada acara yang berlangsung Selasa (16/7/2024) Pukul 18.30 malam WIB, tersebut warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) diharuskan memilih langsung salah satu dari dua kandidat Ketua RT.

Pantauan di lokasi, warga tampak antusias mengikuti pemilihan Ketua RT kali ini . 
Beberapa menit sebelum dilaksanankan pemilihan, masyarakat mulai dari anak muda, ibu-ibu dan bapak-bapak berbondong-bondong memadati lokasi pemilihan.

Warga membawa undangan kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara, setelah itu, mereka menuju bilik suara dan mencoblos dua kandidat ketua RT yang ada. Kemudian kartu suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas.

Tidak hanya menggunakan hak pilih, mayoritas warga juga mengawal proses pemilihan hingga berakhirnya perhitungan suara kandidat ketua RT-nya.

Ketua Panitia pemilihan ketua RT Toto Abdul Gopur, mengatakan pemilihan ketua RT secara langsung baru pertama kalinya dilaksanakan seperti ini. Pemilihan ketua RT bukanlah ajang persaingan, melainkan kebersamaan.

"Untuk mengedukasi dan simulasi menjelang pemilihan Pilkada serentak 2024, pemilihan Kepala daerah dan Gubernur,"ujar Toto Abdul Gopur, kepada wartawan di sela-sela acara pemilihan ketua RT.

Dijelaskannya,pemilihan ketua RT secara aklamasi atau pemilihan langsung, tidak memiliki perbedaan signifikan. Asalkan masing-masing calon dan ketua RT yang akan terpilih nanti dapat menjalankan tugas dengan amanah.

"Sejumlah persiapan dibiayai dari dana swadaya masyarakat dan donatur," katanya.

Salah satu RW setempat, Iding mengungkapkan bahwa pemilihan ketua RT untuk periode 2024-2028 ini berlangsung lebih ramai dan meriah seperti pemilihan legislatif dan presiden.

"Sangat demokratis, bahkan mulai sejak pendataan Data Pemilih Tetap (DPT), sudah dipersiapkan dengan baik oleh panitia.Karena agar aspirasi warga benar-benar bisa tersalurkan,"jelasnya.

Sementara Tedi, Nana dan Abo warga setempat mengaku senang atas kedua calon tersebut (No.Urut 1 Karyo & No.Urut 2 Abidin) sekaligus bingung. Calonnya suka semua. Yang dibuat susah milih," ucapnya.

Kepala Desa Kadipaten Cecep Agah Nagoya, menyampaikan dirinya menyambut baik pelaksanaan Pemilihan Ketua RT Dusun Tajurhalang tersebut, apalagi mengadopsi sistem pemilihan langsung.

"Pemilihan secara langsung ini memang dikehendaki oleh warga dan saya sangat terkejut sekaligus bangga dengan adanya pemilihan RT secara demokratis ini adalah satu ide simulasi dan mengedukasi bagi pemilih pemula,"ungkapnya.

Lebih lanjut Agah berharap, siapapun yang terpilih nantinya sebagai Ketua RT harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar. 

"Karena peran Ketua RT sangatlah vital, merupakan ujung tombak pemerintahan desa Kadipaten,"tandasnya Cecep Agah Nagoya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow