indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Pemkot Sukabumi Luncurkan Aplikasi Siapdate, Dalam Rangka Penurunan Stunting di Hotel Balcony

Pemkot Sukabumi Luncurkan Aplikasi Siapdate, Dalam Rangka Penurunan Stunting di Hotel Balcony

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, Kota Sukabumi - Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan aplikasi Siapdate, di Rembuk stunting Kota Sukabumi tahun 2024 dalam rangka percepatan penurunan stunting, di Hotel Balcony Kota Sukabumi, Jumat, (31/5/2024).

Kegiatan tersebut menghadirkan Pejabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji ini dalam rangka mendeklarasikan komitmen, penyepakatan rencana kegiatan intervensi, dan membangun komitmen masyarakat dalam upaya penurunan prevalensi stunting.

Kusmana menuturkan Kota Sukabumi sebagai bagian dari Provinsi Jawa Barat memiliki peran dalam pencapaian target prevalensi stunting di Jawa Barat.

Dengan melakukan strategi di antaranya pemantauan tumbuh kembang dan kondisi kesehatan balita, pemberian makanan tambahan berbahan pangan lokal dengan sasaran ibu hamil kek/berisiko kek dan balita wasting dan underweight, kolaborasi dengan berbagai sektor dalam pencegahan balita stunting baru.

“Terkait hal ini, intervensi spesifik tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan, tetapi juga dilaksanakan oleh berbagai sektor. Tingkat keberhasilan program percepatan penurunan stunting ini sangat dipengaruhi sektor non-kesehatan (intervensi sensitif), dengan proporsi dukungan sebesar 70 persen,” ujarnya.

Kusmana menyebut bahwa Kota Sukabumi memiliki inovasi berupa sebuah aplikasi yang mengintegrasikan data balita stunting, data keluarga berisiko stunting, data ketersediaan bantuan sosial, dan data geospasial balita stunting. Aplikasi tersebut dinamakan sistem data stunting terintegrasi (Siapdate).

"Berdasarkan hal pelaksanaan tersebut maka rembuk stunting dan peluncuran aplikasi Siapdate ini merupakan langkah penting untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan prevalensi stunting di Kota Sukabumi yang dilaksanakan bersama-sama antara perangkat daerah penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non pemerintah dan masyarkat," terangnya .

Kusmana mengajak seluruh perangkat daerah dan steakholder terkait untuk berpartisipasi aktif dan menyukseskan kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan intervensi dalam pencegahan stunting.

“Pada kesempatan ini, jangan lupa saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tim percepatan penurunan stunting (TPPS) Kota Sukabumi,” tandasnya. (**).

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow