indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

PGE Kamojang Sabet 7 Penghargaan di Environmental and Social Innovation Awards 2024

PGE Kamojang Sabet 7 Penghargaan di Environmental and Social Innovation Awards 2024

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) Area Kamojang telah meraih berbagai penghargaan dalam ajang Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2024 di Bali, Kamis (31/7/2024). 

Ajang ini merupakan penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yang bertujuan mengapresiasi para pelaku usaha yang berkomitmen terhadap inovasi sosial, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.

PGE Kamojang berhasil meraih total 7 penghargaan pada kegiatan ENSIA 2024. Terdapat 3 penghargaan Platinum dalam kategori Penurunan Emisi, Pengurangan Limbah B3, dan 3R Limbah Padat Non B3. Selain itu, perusahaan juga meraih 4 penghargaan Gold untuk kategori Efisiensi Energi, Efisiensi Air, Perlindungan Keanekaragaman Hayati, dan Inovasi Sosial. 

Inovasi lingkungan berupa Optimasi Kecepatan Troubleshooting Gangguan IPB yang Reliable dengan Metode Lakban di PLTP Unit 4 Area Kamojang, Penerapan Inovasi “GAZSOL” Gas Adsorbent System using Zeolite and Sodium Hydroxide Liquid untuk Reduksi Emisi Akumulasi Gas H2S pada Aktivasi Sumur Geothermal, Program Modifikasi Sistem Pemompaan P-602 untuk Mengatasi Overflow Drain Pit Pump, dan Pemanfaatan Limbah Filler untuk Pertanian PEFIPER berhasil mencuri hati dewan juri. 

Penghargaan ini diberikan oleh juri yang terdiri dari para ahli di bidang inovasi lingkungan dan sosial, sebagai pengakuan atas strategi dan praktik terbaik yang diterapkan oleh PGE Kamojang dalam mewujudkan komitmen menuju masa depan yang lebih hijau. 

Dalam rangkaian acara ENSIA 2024, PGE Kamojang juga memperkenalkan inovasi sosial unggulannya, NENG ELIE (Nurturing the Environment Through Kamojang Green Living Ecosystem). NENG ELIE merupakan skema green ecosystem yang dirancang untuk memberdayakan masyarakat di sekitar Perusahaan dengan fokus pada tiga nilai utama: Green Lifestyle, Sustainability, dan Resilience. 

NENG ELIE hadir untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat, seperti cuaca yang tidak menentu yang mengganggu pertanian, keterbatasan akses telekomunikasi, masalah pengelolaan sampah, dan pengangguran di Kamojang. 

Dengan memanfaatkan modal sosial, NENG ELIE bertujuan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dan kualitas lingkungan. 

Rahmad Harahap selaku General Manager PGE Kamojang mengatakan penghargaan yang diterima PGE Kamojang ini sebagai bentuk komitmen dan kepedulian penuh perusahaan terhadap lingkungan.

“Prestasi perusahaan dalam Ajang ENSIA 2024 ini menjadi bukti konsistensi kepedulian kami terhadap masyarakat dan lingkungan. Namun, hal ini tidak hanya kami lakukan untuk ajang ENSIA 2024 ini saja, upaya perusahaan dalam pemeliharaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat selalu kami lakukan sebagai komitmen seluruh tim PGE Kamojang dalam mewujudkan dunia yang lebih ramah lingkungan dengan energi baru terbarukan yang kami upayakan. Dengan adanya apresiasi ini, semoga PGE Area Kamojang semakin terus berinovasi menciptakan lingkungan ekosistem yang mampu menyelamatkan generasi di masa depan.” 

Penghargaan dalam ajang ENSIA 2024 ini bertujuan untuk mengapresiasi dan mendorong perusahaan serta individu yang menunjukkan komitmen kuat terhadap keberlanjutan dan pemberdayaan masyarakat.

Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku usaha untuk terus mengembangkan dan menerapkan praktik terbaik dalam bidang inovasi lingkungan dan sosial. Manfaat dari penghargaan ini adalah memperkuat kesadaran akan pentingnya inovasi yang berkelanjutan, sekaligus menginspirasi komunitas bisnis dan masyarakat luas untuk berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau dan inklusif. 

Dengan pencapaian ini, PGE Kamojang berharap dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat dan perusahaan lainnya dalam menciptakan solusi positif bagi masyarakat dan lingkungan. Inovasi sosial dan lingkungan ini menjadi program unggulan PGE Kamojang dalam bidang pelestarian lingkungan dan mendukung kegiatan operasional perusahaan sekaligus pemberdayaan masyarakat.

Perusahaan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam upaya menciptakan energi dan ekosistem yang ramah lingkungan, demi masa depan yang lebih baik bagi semua.

*Tentang PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.*

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) merupakan bagian dari Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang eksplorasi, eksploitasi, dan produksi panas bumi. Saat ini PGE mengelola 15 Wilayah Kerja Panas Bumi dengan kapasitas terpasang sebesar 1.877,5 MW, terbagi 672,5 MW yang dioperasikan dan dikelola langsung oleh PGE dan 1.205 MW dikelola dengan skema Kontrak Operasi Bersama. 

Kapasitas terpasang panas bumi di wilayah kerja PGE berkontribusi sekitar 80% dari total kapasitas terpasang panas bumi di Indonesia, dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar sekitar 9,7 juta ton CO2 per tahun. 

Sebagai world class green energy company, PGE ingin menciptakan nilai dengan memaksimalkan pengelolaan end-to-end potensi panas bumi beserta produk turunannya serta berpartisipasi dalam agenda dekarbonasi nasional dan global untuk menunjang Indonesia net zero emission 2060. 

PGE memiliki kredensial ESG yang sangat baik dengan 13 penghargaan PROPER Emas sejak 2011 sampai 2023 dalam penghargaan kepatuhan lingkungan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Peringkat & Keterlibatan ESG.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow