indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Pj.Bupati Bogor Audensi Dengan Kadin Bahas Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi Bagi Tenaga Kerja

Pj.Bupati Bogor Audensi Dengan Kadin Bahas Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi Bagi Tenaga Kerja

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM,Bogor - Dalam rangka revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi bagi tenaga kerja, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu melakukan audiensi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor, di Ruang Rapat Bupati Bogor, Kamis (13/6/2024) .

Berdasarkan informasi yang diperoleh Menyebutkan, bahwa revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi bagi tenaga kerja, merupakan amanat dari Peraturan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan No.5 Tahun 2023 yang mengamanatkan paling lambat 6 bulan setelah terbitnya PMK tersebut sudah ditinggalkan di daerah dalam bentuk revitalisasi daerah.

Asmawa mengatakan, melalui revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi akan mendorong lahirnya Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di sektor industri atau pekerja non formal termasuk pekerja formal agar memiliki kualitas kompetensi dan kemampuan secara individu.

“Hari ini saya bersama Pj Sekda dan jajaran melakukan diskusi dengan pengurus KADIN Kabupaten Bogor terkait terkait dengan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi bagi tenaga kerja,” katanya.

Asmawa menyampaikan, sinergi dan kolaborasi dengan asosiasi, KADIN, Apindo penting dilakukan karena dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Bogor sehingga warga Kabupaten Bogor dapat bekerja di wilayahnya sendiri. 

“Pendidikan vokasi ini tidak hanya bersifat formal, tetapi juga bisa non formal seperti kegiatan belajar paket C yang bisa bersinggungan dengan program Dinas Pendidikan. Dengan mengupgrade diri melalui pendidikan maka masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan yang maksimal, tentunya melibatkan perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor,” katanya.

Asmawa menyatakan, tim revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi bagi tenaga kerja ini bisa terbentuk yang terdiri dari empat Pokja yakni pokja pendidikan vokasi, pokja pelatihan vokasi, pokja kerjasama, dan Pokja sertifikasi.

“Mudah-mudah di bulan ini tim revitalisasi sudah terbentuk dan segera bekerja karena memang ini sangat kita butuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kadin Kabupaten Bogor Sintha Des Checawati menambahkan, Kadin sebagai mitra strategis Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor siap bersinergi tentunya untuk meningkatkan para tenaga kerja Kabupaten Bogor lebih terampil yang dibekali dengan sertifikat melalui revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi bagi tenaga kerja.

“Mereka harus sudah memiliki sertifikasi yang nanti bisa digunakan baik industri di Kabupaten Bogor, dalam negeri bahkan luar negeri. Dengan adanya vokasi kita bisa mengakomodir kebutuhan keahliannya sehingga kita bisa menyiapkannya. 

Kita bisa sesuai dengan yang punya balai latihan kerja baik yang memang difasilitasi Pemda atau swasta atau yang Kadin," tandasnya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow