indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Solokanjeruk GEMPITA, Camat Rofiran: Torca Meningkatkan Angka Melek Huruf dan Menunjang IPM

Solokanjeruk GEMPITA, Camat Rofiran: Torca Meningkatkan Angka Melek Huruf dan Menunjang IPM

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) terlihat mengunjungi motor baca (Torca) untuk membaca buku yang ada di Torca tersebut di Desa Bojongemas Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu. 

Di tempat lainnya, para siswa SD dan masyarakat umum lainnya juga mengunjungi Torca untuk memanfaatkan buku bacaan tersebut.

Hadirnya Torca di tengah-tengah para siswa maupun masyarakat umum itu untuk meningkatkan gemar membaca. 

Pada setiap kesempatan, Camat Solokanjeruk Rofiran bersama Bunda Literasi Kecamatan Solokanjeruk Farida Rofiran hadir di tengah-tengah para siswa maupun masyarakat untuk sama-sama membaca buku yang ada di Torca yang menjadi perpustakaan keliling tersebut.

Bunda Literasi pun terus memberikan semangat dan mengajak para siswa untuk membaca buku dalam upaya menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat itu, Camat Solokanjeruk Rofiran mengatakan bahwa di Kecamatan Solokanjeruk ada Solokanjeruk GEMPITA (Gemar Peduli  Literasi). 

Rofiran mengatakan bahwa Torca ini sangat memberikan manfaat untuk para siswa atau pelajar PAUD, TK, SD maupun SMP serta masyarakat umum lainnya di Kecamatan Solokanjeruk.

"Torca ini pula turut dihadirkan pada saat pelayanan Posyandu atau hari pelayanan Posyandu," katanya.

Camat Solokanjeruk mengatakan bahwa Torca ini untuk meningkatkan gemar baca tulis bagi masyarakat sekitar. Torca ini pula berkaitan dengan program prioritas atau program unggulan Bupati Bandung Dadang Supriatna, diantaranya untuk mendorong para siswa mempelajari dan memahami pendidikan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu pendidikan bahasa dan budaya Sunda serta belajar mengaji dan menghafal Al-Qur'an. Termasuk baca tulis Al-Qur'an. 

Rofiran juga berharap keberadaan Torca ini untuk mengurangi anak-anak ketergantungan menggunakan handphone atau main game.

"Saat ini, ada Bunda Literasi di tingkat RW. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca maupun literasi membaca buku dan digitalisasi," ujarnya. 

Camat juga berharap dengan adanya Torca ini dapat mengurangi buta huruf dan baca tulis bagi masyarakat. 

"Torca ini untuk meningkatkan angka melek huruf di Kecamatan Solokanjeruk, sehingga indeks pembangunan manusianya (IPM) dapat tertunjang," harapnya. 

Ia juga mengungkapkan dengan minat baca masyarakat tinggi, nantinya dapat menunjang rata-rata lama sekolah di Kecamatan Solokanjeruk. Misalnya, mencapai 12 tahun lama sekolahnya. 

"Derajat kesehatan naik. Daya belinya tinggi, sehingga menunjang IPM Kecamatan Solokanjeruk secara keseluruhan," ungkapnya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow