indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Tingkat Sektor Pertanian, Pemerintah Desa Calingcing Bangun Saluran Irigasi di Kampung Rawa

Tingkat Sektor Pertanian, Pemerintah Desa Calingcing Bangun Saluran Irigasi di Kampung Rawa

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Dalam upaya meningkatkan sektor pertanian, Pemerintah Desa (Pemdes) Calingcing, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, saat ini tengah membangun saluran irigasi berlokasi Kampung Rawa RT.03 RW.04.

Pembangunan ini merupakan bagian dari upaya Pemdes untuk mendukung dan memperkuat infrastruktur di bidang  pertanian. 

Kepala Desa Calingcing Maman Rustaman, SH.I., menjelaskan, saluran irigasi yang tengah dibangun ini, merupakan dukungan dari Dana Desa (DD) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024. Dengan anggaran sebesar Rp. 132. 318.000,dan volume 263 Meter serta pelaksana panitia pelaksana  Desa Calingcing. 

"Pengerjaan saluran irigasi ini dilakukan dengan sistem swakelola yang melibatkan masyarakat setempat dalam proses konstruksi. 

Sistem ini tidak hanya memberikan manfaat berupa infrastruktur, tetapi juga kesempatan kerja dan peningkatan ekonomi bagi warga setempat," ucap Maman Sutarman,kepada wartawan di Kantornya, Rabu (25/9/2024). 

Ia menambah,saluran irigasi itu, untuk mengairi kurang lebih 2 hektare dan untuk mengairi pertanian tetangga Desa yaitu Desa Sukanagalih. Akses jalan dari kampung Rawa ke kampung Lewat desa Sukanagalih, sangat dibutuhkan masyarakat. 

"Karena untuk aliran sebelumnya belum ada solokan dan aliran air yang normal.  Mengakibatkan mengalir kemana mana," katanya.

Lebih lanjut Maman, menyampaikan berharap mudah - mudahan dengan terbangunnya saluran irigasi di Kedusunan Rawa itu, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat terutama dibidang pertanian dan menjadikan transportasi yang lebih baik serta meningkatkannya harga tanah di tempat tersebut khususnya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow