indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah Bupati Sukabumi Launching Gebyar Sipenyu Inovasi Bapenda

Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah Bupati Sukabumi Launching Gebyar Sipenyu Inovasi Bapenda

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Bupati Sukabumi H Marwan Hamami melaunching program unggulan Bapenda Kabupaten Sukabumi yaitu GEBYAR SIPENYU (Gerakan Sadar Membayar Pajak dan Retribusi melalui Pelayanan Masyarakat Terpadu), di Gor Venue Tinju Palabuhanratu, Senin, (26/8/24).

Peluncuran program yang diikuti sebanyak 1.600 Kepala Dusun (Kadus) se-Kabupaten Sukabumi itu dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H Ade Suryaman, Kepala Perangkat Daerah serta tamu undangan lainnya. 

Sejumlah inovasi yang termasuk dalam Gebyar Sipenyu ini antara lain, 'Pada Nikah Ya' (Penyepadanan NIK, Nilai Objek Pajak (NOP) dan Objek Tanah lainnya), 'Smart Bapenda' (Sistem Manajemen Aplikasi Masyarakat Terpadu Badan Pendapatan Daerah), 'Sipenyu' (Retribusi dan Pajak Edisi Nyabet Untung) dan 'Pastel Isi' (Pasar Pelayanan Pajak Teladan dan Terintegrasi). 

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengaku sangat bersyukur adanya program baru yang diluncurkan Bapenda Kabupaten Sukabumi tersebut. Beliau menilai program Sipenyu diyakini mampu mendorong pendapat asli daerah (PAD) Kab. Sukabumi yang semakin lebih baik.

"Ini merupakan program yang dinantikan masyarakat. Dimana, melalui Sipenyu mereka akan mendapatkan pelayanan yang lebih mudah, murah, dan cepat,"ucapnya.

Bupati menyatakan, meningkatkan PAD ini tidak mudah sehingga perlu adanya kolaborasi pentahelix dari semua pihak termasuk peran aktif kepala dusun di setiap Desa dituntut agar lebih intens terhadap masyarakat.
 
"Bila perlu Babinsa (Bintara Pembina Desa) membantu Kadus untuk menyosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya membayar pajak,"ujar Marwan.

Bahkan, kedepan Pemkab Sukabumi akan memberikan reward beasiswa kuliah selain motor dan umroh bagi Desa-Desa yang bagus membayar pajak.

"Kedepan selain kita memberikan reward motor dan umroh seperti yang sudah berjalan saat ini, juga akan memberikan program beasiswa kuliah bagi anak anak mereka,"terangnya.

Dirinya berharap kepada para kadus di Kabupaten Sukabumi agar terus bersikeras membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD demi pembangunan yang merata dan kesejahteraan masyarakat lebih baik. 

"Para kadus ini harus mencari ruang untuk membantu Pemda dalam meningkatkan PAD,"pungkasnya.

Ditempat yang sama Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri menjelaskan, program Gebyar Sipenyu akan menjadi kebiasaan pemerintah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan yang lebih mudah dan murah.

Gebyar Sipenyu merupakan sebuah inovasi pelayanan masyarakat dimana masyarakat bisa mendapatkan transaksi pembayaran pajak dan retribusi seperti PBB dan non PBB, pajak restoran, hotel, BPHTB dan bahkan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan pajak kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor.

"Sejumlah inovasi yang termasuk dalam Gebyar Sipenyu seperti Pada Nikah Ya, Smart Bapenda, Pastel Isi dan Sipenyu akan memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat. 

Bahkan masyarakat sudah bisa cetak SPPT mandiri di inovasi Smart Bapenda secara online via whatsapp dinomor 0857-9888-8110,"paparnya.

Di sela-sela kesempatan tersebut dilaksanakan penandatanganan komitmen kerjasama pelayanan oleh Bapenda dengan beberapa instansi terkait.

Juga dilaksanakan pengundian doorprize umroh dan kendaraan bermotor oleh Bupati Sukabumi beserta kepala perangkat daerah lainnya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Rusdi Author
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow