Media Informasi Aktual dan Inspiratif
Indeks

Antisipasi Rawan Tindak Pidana Kriminalitas, Forkopimcam Rancaekek Gelar Pasukan

Jajaran Forkopimcam Rancaekek Kabupaten Bandung melaksanakan apel gelar pasukan di Pos Pengamanan Lebaran Tahun 2024 di kawasan Dangdeur Rancaekek, Kabupaten Bandung. Selasa (9/4/2024) sore./indokliknews./bimantara.
banner 120x600

INDOKLIKNEWS.COM, Bandung – Jajaran Forkopimcam Rancaekek Kabupaten Bandung melaksanakan apel gelar pasukan di Pos Pengamanan Lebaran Tahun 2024 di kawasan Dangdeur Rancaekek, Selasa (9/4/2024) sore.

Apel gelar pasukan itu dalam upaya persiapan pengamanan malam takbiran atau jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/tahun 2024. Selain itu antisipasi terjadinya tindak pidana kriminalitas, dan antisipasi terjadinya pencurian di rumah kosong yang ditinggal para pemudik Lebaran ke kampung halamannya.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kapolsek Rancaekek Kompol Deny Sunjaya  mengatakan jajaran Forkopimcam Rancaekek dari unsur TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Linmas dan unsur lainnya untuk sama-sama mengantisipasi terjadi kerawanan pencurian, selain melaksanakan pengaturan lalulintas di jalur mudik dan balik Lebaran 2024.

“Kami mengajak kepada jajaran petugas dalam melaksanakan tugas ini dibarengi dengan keikhlasan, dan tanggungjawab. Sebab, dengan ikhlas dapat bernilai ibadah dalam setiap amal perbuatan,” tutur Deny.

Deny berharap pengurus RT/RW untuk mengaktifkan dan meningkatkan siskamling, karena banyak rumah kosong karena ditinggal mudik oleh para pemiliknya.

“Jadi kita melaksanakan patroli gabungan di kawasan permukiman penduduk yang ditinggal mudik,” katanya.

Sementara itu Camat Rancaekek Diar Hadi Gusdinar mengatakan bahwa pengamanan Lebaran ini dilaksanakan sejak 4 April sampai 16 April 2024 mendatang.

“Selama 12 hari kita melaksanakan tugas pengamanan, dan sekarang sudah setengahnya kita lewati pengamanan Lebaran ini,” katanya.

Diar juga turut mengapresiasi jajaran Polri yang sudah mengidentifikasi titik lokasi rawan tindak pidana kriminalitas. Sehingga menjadi atensi dan perhatian jajaran kepolisian.

“Arus lalulintas atau kepadatan kendaraan para pemudik, sekarang sudah menipis. Penebalan anggota sudah dilalui. Tetapi tetap kepadatan kendaraan harus diantisipasi,” katanya.

Info Lainnya   Optimalisasi Pengolahan Sampah, TPS3R Mulai Dibangun di Kelurahan Rancaekek Kencana

Diar pun menghimbau kepada sejumlah pihak untuk mengantisipasi apabila ada orang yang menyalakan mercon dan kembang api disaat malam takbiran.

“Jangan sampai menjadi malapetaka,” katanya.

Camat Rancaekek pun meminta kepada jajaran Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk melakukan pemantauan di masing-masing desa, terutama titik rawan terjadinya tindak pidana. Ia berharap semua pihak dalam menjalankan tugas ini tetap dalam kondisi sehat.

Danramil 2401/Rancaekek Kapten Inf  Sudarwan mengharapkan bahwa di wilayah Rancaekek dan sekitarnya tetap dalam kondisi kondusif.

“Saya menyarankan tugas kita bukan mengamakan personal saja, tetapi juga mengamakan material dan wilayah. Sekali lagi tugas kita tetap dalam kondisi kondusif dan terhindar dari hal yang tidak diharapkan,” katanya.(kos)**

Tinggalkan Balasan