indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Mengurangi Pembuangan Sampah ke TPA, TPS3R Bakal Dibangun di Kelurahan Rancaekek Kencana

Mengurangi Pembuangan Sampah ke TPA, TPS3R Bakal Dibangun di Kelurahan Rancaekek Kencana

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM,Bandung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Bandung berencana membangun Tempat  Pengelolaan Sampah Reuse Reduce Recycle (TPS3R) di belakang Kantor Kelurahan Rancaekek Kencana Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung pada tahun 2024 ini.

Rencana pembangunan TPS3R itu mulai disosialisasikan Pemkab Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung kepada masyarakat atau sejumlah stakeholder yang ada di Kelurahan Rancaekek Kencana.

Sosialisasi dilaksanakan di GOR Kelurahan Rancaekek Kencana, Selasa (27/2/2024). Hadir dalam sosialisasi rencana pembangunan TPS3R itu adalah Camat Rancaekek Diar Hadi Gusdinar yang membuka langsung sosialisasi tersebut. Hadir pula perwakilan dari DPUTR dan DLH Kabupaten Bandung.

Camat Diar mengungkapkan bahwa pembangunan TPS3R di kawasan Kelurahan Rancaekek Kencana dipandang perlu karena berada di kawasan permukiman padat penduduk yang mencapai ribuan kepala keluarga (KK).

“Penanganan sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Tapi tanggung jawab semua pihak,” kata Diar dalam keterangannya.

Diar mengatakan bahwa rencana pembangunan TPS3R ini untuk mengurangi pembuangan sampah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) Sarimukti, yang dikabarkan sudah penuh.

“Dengan adanya pengelolaan sampah ini, diharapkan bisa memberikan tambahan bagi masyarakat dari  pengelolaan sampah tersebut. Apalagi dalam pengelolaan sampah itu dibarengi dengan budidaya maggot, untuk mengurai sampah organik yang dihasilkan rumah tangga,” katanya.

Ia pun berharap kepada masyarakat untuk memiliki semangat dan kemauan untuk pengelolaan sampah rumah tangga tersebut.

Lebih lanjut Camat Diar mengatakan bahwa rencana pembangunan TPS3R ini, untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat di Kelurahan Rancaekek Kencana. Tentunya hanya bisa melayani sejumlah RW yang ada di kelurahan tersebut, berkaitan dengan fasilitas yang terbatas.

“Minimal dengan adanya TPS3R ini, sampah tidak seluruhnya dibuang ke TPA. Melainkan dalam proses pengelolaannya diharapkan bisa menghasilkan secara ekonomi bagi masyarakat,” harap Camat Rancaekek.

Menurutnya, selama ini dalam pengelolaan sampah di kelurahan tersebut ditangani oleh sejumlah komunitas yang peduli terhadap lingkungan.

“Di Kelurahan Rancaekek Kencana sudah ada bank sampah, budidaya maggot untuk mengurangi sampah organik, komposter, kemudian dari sampah itu ada yang didaur ulang dengan memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat. Selain itu dari sampah ada yang digunakan untuk biodigester untuk kebutuhan rumah tangga sebagai bahan percontohan saja,” tutur Diar.

Diar mengatakan bahwa pihaknya dan masyarakat sangat menyetujui untuk rencana pembangunan TPS3R. “TPS3R akan dibangun di belakang Kantor Kelurahan Rancaekek Kencana. Sudah tersedia lahan seluas 221 meter persegi,” katanya.

Ia berharap TPS3R dibangun pada  tahun 2024 ini, untuk mengurangi sampah di Kelurahan Rancaekek Kencana yang dibuang ke TPA.

“Tapi tidak seluruh sampah dikelola di TPS3R, karena sebagian sudah dikelola dengan memanfaatkan budidaya maggot,” ujarnya.

Diar menyebutkan bahwa TPS3R itu dibangun oleh DPUTR dan DLH turut menunjang pengelolaan sampah di masyarakat.

“Dengan adanya TPS3R ini diharapkan dapat mengurangi pembuangan sampah ke TPA Sarimukti, sehingga kita menyepakati pembangunan TPS3R di Kelurahan Rancaekek Kencana dengan anggaran yang dikeluarkan oleh DPUTR Kabupaten Bandung,” tuturnya.(kos)**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
admin Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow