indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Riki Ganesha Anggota DPRD Kabupaten Bandung, Apreasiasi Festival Budaya Bedas Berdaya di Desa Cinunuk Cileunyi

Riki Ganesha Anggota DPRD Kabupaten Bandung, Apreasiasi Festival Budaya Bedas Berdaya di Desa Cinunuk Cileunyi

Smallest Font
Largest Font
Riki Ganesha. S.hut., Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Golkar, juga anggota Badan Anggaran DPRD./

INDOKLIKNEWS.COM,Bandung – Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Golkar, Riki Ganesha mengapresiasi atas terselenggaranya Festival Budaya Bedas Berdaya yang diramaikan dengan sebanyak 10 grup seni reak di Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Sabtu 27 Januari 2024, dan Festival ini digelar dalam rangka untuk melestarikan dan mempromosikan budaya Sunda kepada masyarkat.

Sementara itu Calon Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Partai Golkar, Dapil 3 No Urut 2, Riki Ganesha, mengatakan dalam penyelenggaraan festival ini. Ia menilai, ini merupakan wujud komitmen pemerintah Kabupaten Bandung dalam melestarikan budaya Sunda.

“Saya mengapresiasi dan penghargaan yang tinggi untuk pihak pemerintah Kabupaten Bandung, yang sudah memfasilitasi pagelaran seni budaya daerah khususnya Seni Sunda,” ujar Riki.

Riki pun menambahkan, festival ini juga merupakan implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) Kemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2021. Perda ini menjadi payung hukum bagi para pelaku seni di Kabupaten Bandung.ujarnya

Ia pun berharap kedepannya festival ini menjadi ajang silaturahmi, ajang kolaborasi dan ajang komunikasi antar pihak pemerintah dan pelaku seni, dan juga acara ini untuk digelar secara rutin setiap setahun sekali, pungkasnya

Festival yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah, serta meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pariwisata.

Kepala dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Bandung, H. Wawan Ahmad Ridwan, melalui Kabid Budpar Hj. Nenden Siti Nurlaela mengatakan, festival ini bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan budaya Sunda, khususnya seni reak.

“Seni reak merupakan salah satu kesenian tradisional Sunda yang masih eksis hingga saat ini,” ujar Nenden.

Ia pun menambahkan, melalui festival ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku seni reak untuk menampilkan karya-karyanya.dan Ia juga berharap, festival ini dapat menjadi ajang promosi budaya Sunda ke masyarakat luas. ujarnya.

Pada kesempatan yang sama , Tokoh seniman jabar, Yoyon Darsono, S.Sn M.Sn., mengatakan, bahwa Festival Gelar Seni Budaya di Desa Cinunuk, Kebetulan tempatnya di Saung Budaya Yoyon, yang diselenggarakan Disbudpar Kabupaten Bandung bekerjasama dengan Caleg DPRD Kabupaten Bandung, dari partai Golkar Riki Ganesa.ujarnya.

Ia pun berharap” Semoga dari pertunjukkan festival seni reak ini, terus rekreasinya terus ada. Jadi kita tetap meneruskan seni budaya itu adalah wajib hukumnya. Semoga para seniman, khususnya yang ada di Cileunyi, kita wajib untuk bersilaturahmi dan tetap menjaga seni budaya yang ada di wilayah masing-masing.(bimantara)**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
admin Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow