Media Informasi Aktual dan Inspiratif
Indeks

Pemdes Calincing Kecamatan Sukahening Gelar Musyawarah Status Desa

banner 120x600

INDOKLIKNEWS.COM,Tasikmalaya – Pemerintah Desa Calingcing melaksanakan musyawarah status desa, di Gedung Olah Raga Desa Calingcing, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (14/05/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Desa (Kades) Calingcing Maman Rustaman SH.I, dan dihadiri Sekretaris Kecamatan Sukahening Janjang Sukendar SH., MH, Pendamping Desa Kecamatan Sukahening Atif Ruhiat S.T, Ketua BPD Desa Calingcing Wowon Sujarwo S.Pd, beserta anggota, Bhabinkamtibmas Bripka Bram Bobby, Babinsa Serda Wawa Warsono, Staf Pemerintah Desa Calingcing, RW dan RT sewilayah Desa Calingcing.

Setelah dilakukan pengukuran Indek Desa Membangun (IDM) sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengukuran status perkembangan desa IDM, Desa Calingcing di tahun 2023 ditetapkan dengan Status Maju.

Pengukuran status perkembangan desa IDM dengan hasil sebagai berikut : Kode Kabupaten 3206, Kode Kecamatan 320633, dan Kode Desa 320633002– Indeks Ketahanan Sosial (IKS) 2023, 0.8229– Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) 2023, 0.7833– Indeks Ketahanan ekologi/Lingkungan (IKL) 2023, 0.8 Nilai IDM 2022 0.8021.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT nomor 02 tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM), dan Peraturan Menteri Desa PDTT nomor 21 tahn 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, yang salah satunya mengatur tentang pendataan desa.

Kades Maman Rustaman menyampaikan, hari ini telah dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa, sekaligus musyawarah penetapan status desa dan pembagian insentif RT RW.

Ia mengatakan, sebagaimana tadi disampaikan oleh Pendamping Desa bahwa Desa Calingcing dari mulai desa Status Berkembang, melangkah secara bertahap ke Status Desa Maju.

“Alhamdulillah untuk tahun ini ada sedikit kenaikan IDM (Indek Desa Membangun) yang kemungkinan kalau ditingkatkan indeknya terutama dari indek ekonominya masuh kurang beberapa dijit, nol koma, itu bisa menjadi Desa Calingcing Desa Mandiri,” ungkap Maman.

Info Lainnya   Hadirnya Duta Olahraga, Emma Dety: Peningkatan Angka Partisipasi Masyarakat Berolahraga dan IPM Aspek Harapan Hidup

“Tapi itu bisa di kejar tahun ini dan menjadi Desa Mandiri itu, yang pertama mungkin ada reword atau kelebihan anggaran untu Desa Mandiri,” sambungnya.

Kepala Desa yang menjabat dua periode itu berharap, Desa Calingcing yang tadinya Status Maju, bisa terwjud Status Mandiri dengan meningkat Indek Ketahanan Ekonomi yang masih kurang beberapa digit. Alhamdulillah kalau indek yang lainnya sudah bisa melebihi angka-angka.

“Mudah-mudah tahun ini bisa di naikan beberapa digit ekonominya, sehingga Desa Calingcing menjadi Status Mandiri,” tutur Maman.(Anton)**

Tinggalkan Balasan