indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Jambore Cabang, Kang DS: Pramuka Membentuk Karakter Generasi Muda yang Tangguh, Disiplin dan Cerdas

Jambore Cabang, Kang DS: Pramuka Membentuk Karakter Generasi Muda yang Tangguh, Disiplin dan Cerdas

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM - Bupati Bandung yang juga Ketua Mabicab Kabupaten Bandung Dadang Supriatna melaksanakan pembukaan Jambore Cabang Kwarcab Kabupaten Bandung tahun 2024 di Wanawisata Rancaupas Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Senin (1/7/2024).

Pelaksanaan Jambore Cabang tersebut dengan tema "Pramuka Bedas, Pinter, Singer Tur Miboga Karakter". Hal itu mencerminkan tekad kita untuk membentuk Pramuka yang cerdas, kreatif, dan berkarakter.

Bupati Bandung turut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kwarcab Kabupaten Bandung dan pihak lainnya yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan kegiatan Jambore Cabang tersebut.

"Jambore Pramuka Penggalang merupakan ajang yang sangat penting dalam rangka membentuk karakter generasi muda yang tangguh, disiplin dan cerdas," kata Dadang.

Bupati Bedas mengatakan bahwa pelaksanaan Jambore ini menjadi momentum kegiatan positif dalam mencetak watak dan akhlak generasi muda. 

"Apalagi di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini,  kegiatan Pramuka merupakan salah satu filter dan semoga kegiatan Jambore ini bisa memacu semangat generasi muda, pelajar, khususnya Kabupaten Bandung ini dalam mengembangkan skill dan kemampuan diri," tuturnya. 

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna mengatakan, bahwa kegiatan Pramuka ini diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam mengawal keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Bandung.

"Jambore Pramuka bukan hanya sekedar kegiatan rutin 5 tahunan, tetapi juga merupakan wahana untuk mengembangkan potensi diri, mempererat persaudaraan, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda," harapnya.

Kang DS mengatakan melalui gerakan Pramuka ini, memiliki tanggung jawab besar untuk turut serta dalam mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan.

"Pramuka harus menjadi garda terdepan dalam mempromosikan nilai-nilai positif seperti kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, dan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan," tuturnya.

Kang DS mengingatkan pentingnya peran Pramuka dalam mendukung keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Bandung. 

"Pramuka dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan, mempromosikan gaya hidup sehat, serta turut serta dalam berbagai program sosial dan kemasyarakatan," jelasnya. 

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung berharap jambore Pramuka penggalang Kabupaten Bandung ini sebagai momentum untuk semakin menguatkan komitmen kita dalam membina generasi muda yang berkarakter dan berprestasi.

"Kami berharap setelah kegiatan ini bisa tampil sebagai pribadi yang mandiri, disiplin, berprestasi dan peduli dengan lingkungan," harapnya.

Kang DS juga berharap kepada seluruh pembina Pramuka agar bisa kompak, solid, bisa berkolaborasi untuk memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan daerah yang berkelanjutan, melalui lima poin menuju Indonesia Emas 2045. Di antaranya terbangunnya SDM (Sumber Daya Manusia) yang profesional dan paham digitalisasi, pengelolaan big data, research and development, institusi yang kuat dan pengelolaan keuangan yang baik.

Kang DS meminta dan mengingatkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung, supaya kegiatan ekstra kurikuler Pramuka tetap ada di Kabupaten Bandung. 

"Walaupun Kementerian Pendidikan tidak mewajibkan lagi Pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Pramuka dapat membentuk karakter generasi muda," katanya.(Adv).

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
Admin 2 Admin

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow