indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Tingkatkan Ketahanan Pangan,  Dandim 0624/Kab.Bandung Letkol Inf Tinton Amin Putra, S.E Panen Raya Padi di Koramil 2401/Rancaekek

Tingkatkan Ketahanan Pangan,  Dandim 0624/Kab.Bandung Letkol Inf Tinton Amin Putra, S.E Panen Raya Padi di Koramil 2401/Rancaekek

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di daerah, Dandim 0624/Kab.Bandung Letkol Inf Tinton Amin Putra, S.E  melaksanakan panen raya padi dengan tema “ Saeutik Mahi Loba Nyesa ”, di lahan Koramil, Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Rabu (4/7/2024).

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir di sejumlah daerah dihadapkan dengan kondisi kenaikan harga pangan yang memengaruhi kenaikan harga barang yang menyebabkan terjadinya inflasi. 

Dalam sambutannya, Danramil 2401/Rancaekek, Kapten Inf. Sudarwan, mengungkapkan rasa senangnya dengan kegiatan ini. 

“Saya sangat senang, bahagia, dan bangga. Acara ini saya buat untuk memotivasi masyarakat. Walaupun lahan ini sedikit dan merupakan lahan tidur koramil, kami manfaatkan untuk padi dan hasilnya alhamdulillah memuaskan," katanya. 

Kapten Sudarwan juga menekankan pentingnya koordinasi dengan kelompok tani setempat. 

“Kami berkoordinasi dengan para poktan di Rancaekek agar tentara, babinsa, dan danramil dapat berbuat meskipun tidak banyak. Kami berharap lahan ini tetap produktif ke depan. Rencana kami adalah menanami lahan ini dengan sayur-sayuran untuk mendukung kegiatan makan gratis. Doa dari warga dan masyarakat sangat kami harapkan agar TNI, Polri, dan masyarakat tetap solid dalam memajukan Kecamatan Rancaekek,” tambahnya. 

Sementara itu Camat Rancaekek Ir.H.Diar Gusdinar, M.Si dalam menyampaikan sambutannya," bahwa Panen Raya Padi bukan hanya kegiatan pertanian, tetapi juga merupakan momen untuk memperkuat hubungan antara berbagai pihak terkait. Kolaborasi yang baik antara TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat diharapkan dapat mendorong perkembangan sektor pertanian dan memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung.ujarnya

Camat Rancaekek juga memberikan apresiasinya terhadap kegiatan ini, “ Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan panen raya padi di lahan Koramil, Rancaekek. Saya didampingi oleh tokoh masyarakat yang ikut menyaksikan kegiatan ini. Mudah-mudahan ini membawa berkah bagi kita semua,” ujarnya. 

Camat Rancaekek menambahkan bahwa panen raya ini mencerminkan komitmen Dandim 0624 terhadap ketahanan pangan. 

“Pak Dandim menunjukkan komitmennya terhadap ketahanan pangan dalam penyediaan stok beras agar masyarakat merasa terjamin dan terjangkau terhadap ketersediaan beras di Kabupaten Bandung, ujarnya. 

Dandim 0624/Kab.Bandung Letkol Inf Tintin Amin Putra, S.E dalam sambutannya juga mengatakan pentingnya semangat gotong royong dan kerjasama yang kuat untuk mendukung upaya memajukan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Bandung. Beliau juga menyampaikan pembangunan Dapur Sehat di Kecamatan Rancaekek untuk memajukan Program Ekonomi Khusus di wilayah tersebut.

Ia pun menuturkan bahwa panen raya ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya di daerah Rancaekek, guna membantu masalah ketahanan pangan. 

“Hari ini kita melaksanakan panen raya khususnya di daerah Rancaekek. Kita akan meningkatkan produksi pertanian untuk membantu ketahanan pangan. Di sini, kita lihat Rancaekek memiliki luas lahan hampir 3.000 hektare, sehingga daerah ini termasuk salah satu lumbung padi Kabupaten Bandung. Kita membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan produktivitas pertanian, ujarnya 

Dandim 0624/Kab.Bandung menambahkan ke depan, berencana untuk sering bekerja sama dalam konsep pentahelix, dan Kami akan melaksanakan produksi-produksi ketahanan pangan, khususnya di desa-desa, ia akan meningkatkan produktivitas,” 

Karena Pangan merupakan komoditas penting dan strategis mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Berbagai upaya yang telah dilakukan dan diprogramkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta berbagai pihak pelaku pertanian dalam rangka peningkatan produktifitas pertanian dan ketersediaan pangan yang cukup.ujarnya

Panen Raya Padi ini di harapkan dapat mendorong dan memberi semangat kepada para petani untuk terus lebih giat menanam padi, guna memenuhi kebutuhan pangan dan mampu mengendalikan Inflasi terhadap salah satu komoditas bahan pangan, terkhusus beras di tengah - tengah masyarakat, demi terwujudnya ketahanan pangan nasional.

“Semoga kegiatan panen raya ini menjadi berkah bagi kita semua dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Bandung khususnya dan tercapainya ketahanan pangan nasional", tutupnya.

Kemudian dilanjutkan pelaksanaan panen raya Padi seluas lahan 850 M².

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kegiatan ini dihadiri oleh Kasiter Korem 062/Tn Letkol Inf Komarudin, A.Md, Dandim 0624/Kabupaten Bandung Letkol Inf.Tinton Amin Putra, S.E beserta jajarannya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung yang diwakili kasi, Danramil 2401/Rancaekek Kapten Inf Sudarwan, Kapolsek Rancaekek Kompol Deny Sunjaya, S.H,M.H, Camat Rancaekek Ir. H. Diar Gusdinar, M.Si, CEO Sekai Mustika Indra dan CEO Seolina H. Mamat Rahmat, para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Rancaekek, para penyuluh pertanian,Kelompok Tani Mekar Wangi Rancaekek Wetan, para petani, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.*** 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow