indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Pemerintah Kecamatan Pagerageung Lakukan Safari Ramadan Melalui Tarling, Sampaikan Pesan Bupati Tasikmalaya

Pemerintah Kecamatan Pagerageung Lakukan Safari Ramadan Melalui Tarling, Sampaikan Pesan Bupati Tasikmalaya

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM,Tasikmalaya – Pemerintah Kecamatan Pagerageung melakukan kegiatan Safari Ramadan dalam bentuk Shalat Tarawih Keling(Tarling ) pada Ramadan 1445 Hijriah, yang dilaksanakan 10 Desa di tempat Masjid Jami.

Diikuti oleh Tim safari  Muspika melalui Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, BPP, KUA, Pendidikan dan Pengawas, Penilik, Ketua PGRI dan lembaga Keagamaan tingkat Kecamatan, Ketua MUI ,Muhadjiri, LPTQ, BKPRMI, dan perangkat Kecamatan.

Pelaksanan Tarling selain salat Isya’, Tarawih, dan Witir juga disertai pemberian bantuan sosial (Ramadan Berkah) beberapa bingkisan terutama bingkisan dari Bapak Bupati Tasikmalaya,yakni Karpet 2 Golong, Al-quran 14 exsemplar, 2 Mukena, 2sarung,1jam dinding itu, diberikan kepada mesjid yang kita singgahi untuk acara safari ramadan.

“Disamping itu, ada juga santunan untuk jompo berupa bantuan sembako sebanyak 10 paket dan kita juga berinisiatif dari Kecamatan memberikan santunan kepada anak yatim sebanyak 10 amplop di setiap desa dilaksanakan jadi 10 paket setiap desa,”ungkap Camat Pagerageung H. Heri Kusdiana, S.Pt., M.Si.,kepada wartawan di Kantor, Selasa (2/4/2024).

Dikatakan Heri, sampai dengan hari ke 22 Ramadan ini telah melaksanakan safari ramadan sebanyak 8 Desa.

Kegiatan Ramadhan tidak dalam bentuk tarling sehubungan banyak rekan- rekan kecamatan yang cukup jauh rumahnya, sehingga dilaksanakan dalam bentuk Safari Ramadhan.

“Dan pada hari ini, kita akan melaksanakan safari ramadan di dua Desa terakhir, yaitu Desa Pagersari dan besok di Desa Sukadana. Alhamdulilah dalam kegiatan ini masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan tim safari ramadan,”ujar Heri.

Dijelaskan Heri, kegiatan safari tingkat Kecamatan apa yang kita sampaikan sesuai dengan pesan -pesan dari pak Bupati Tasikmalaya, mengenai keadaan kondisi anggaran yang ada di Kabupaten selanjutnya prestasi prestasi capai bapak Bupati.Juga menyampaikan himbauan dari pak Bupati atau pun himbauan yang disampaikan oleh MUI terkait dengan sosialisasi besaran zakat yang notabennya sekarang banyak di bicarakan masyarakat.

“Sehubungan dengan adanya peningkatan jumlah besaran Zakat dari 2,5 kg menjadi 2,7 kg. Alhamdulillah untuk wilayah Kecamatan Pangerageung tidak ada gejolak semua masyarakat siap melaksanakan atas perubahan yang disampaikan melalui fatwa MUI Pusat nomor 65 tahun 2022.Pada dasarnya semua masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Pagerageung, sadar melaksanakan besaran zakat di tahun ini di konvensi 2,7 kg dengan membayar zakat jenis beras,”terang Heri.

Lebih lanjut Heri,menuturkan kalau melalui program Kecamatan sehubungan di Desa juga belum melaksanakan Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat, jadi sebagaimana pencairan yang diajukan oleh Desa belum ada yang cair dan belum ada kegiatan secara fisik atau pun yang dilaksanakan langsung oleh Desa.
Sampai dengan ini baru menyalurkan dana alokasi Dana Desa ke desa desa hampir sudah memenuhi kuota dari bulan Januari- Maret itu ADD sudah cair.Kalau yang DD dari Pemerintah Pusat  sampai bulan ini belum ada yang cair.

“Sehubungan dengan program kecamatan untuk di masa bulan  ramadan ini, kita bersama sama dengan tim melalui safari Ramadhan melalui tarling di tataran tingkat pencegahan keamanan supaya lebih tertib dan lebih aman.Karena disinyalir ada beberapa kejadian kriminal di Kecamatan pagerageung, seperti kenakalan remaja kita sampaikan.
Kemudian hal hal lain yang secara keseluruhan menganjurkan peningkatan ibadah di bulan ramadan ini,”jelasnya.

Ia menambahkan,berharap sebagaimana disampaikan melalui firman Alloh SWT yang berbunyi “Ya ayuhal ladzina aamanu kutiba alaikumusyiama kama kutiba alal ladzina minqoblikum la’alalakum tattakun” kita melaksanakan puasa ini.

“Dan semua khususnya warga Kecamatan Pagerageung, dapat mencapai derajat taqwa sehingga ibadah puasa kita tidak hanya merupakan ibadah biasa, tapi diharapkan kita terakhirnya mencapai derajat umat umat yang taqwa kepada Allah SWT,”kata Camat Pagerageung Heri Kusdiana.(Anton)**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
admin Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow