Media Informasi Aktual dan Inspiratif
Indeks

Tingginya Intensitas Hujan di Tasikmalaya, Desa Tanjungsari Terendam Banjir  Luapan Air Sungai Citanduy – Cikidang

Amas Kepala Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya,saat melakukan evakuasi warganya yang terdampak banjir akibat luapan air sungai Citanduy dan Cikidang. Kamis (25/04/2024) malam./indokliknews./Anton.
banner 120x600

INDOKLIKNEWS.COM,Tasikmalaya – Tingginya intensitas curah hujan yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tasikmalaya sejak beberapa pekan terakhir.

Membuat Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, terendam banjir akibat luapan air sungai Citanduy dan Cikidang, Kamis (25/04/2024) malam.

Evakuasi terus dilakukan oleh pihak pemerintah desa Tanjungsari bersama pihak terkait, seperti TNI-Polri, RPB kecamatan Sukaresik, Tagana, BPBD kabupaten Tasikmalaya di 3 kedusunan, diantaranya, Bojongsoban, Hegarsari dan Mekarsari untuk di evakuasi ke area yang lebih aman.

Kepala desa Tanjungsari Amas, menerangkan air mulai meluap ke pemukiman warga sekitar pukul 20.00 WIB, dan saat ini warga telah di evakuasi di pengungsian yang ada di 4 titik.

“Diantaranya di wilayah Mekarsari di masjid Al-Istiqomah, balai desa, di masjid Al-Ikhsan Bojongsoban, dan masjid Al-Muta’ali Bojongsoban,” ungkap Amas.

Dijelaskan Amas, untuk yang terkena  dampak dari banjir pada saat ini, ada 32 ke RT an.Ketinggian air mencapai 1 meter sampai 1,5 meter, sebanyak 1.500 KK terdampak, 125 Hektar sawah terendam dan alami gagal panen.

“Dan untuk pengungsi dari 4 titik ada sebanyak 900 orang.Alhamdulillah untuk korban jiwa tidak ada,”terangnya.

Dikatakan Amas, adapun untuk masalah bantuan alhamdulillah saat ini sudah mulai ada komunikasi.”Seperti dari Dinas Pertanian, dari Bank BRI, dari anggota DPRD kabupaten Tasikmalaya, seperti dari partai PKS, serta dari yang lainnya,”ujarnya.

Ia berharap,kepada pihak BBWS Citanduy untuk segera bertindak dengan melakukan sodetan ataupun normalisasi sungai,sehingga banjir rutin yang sering melanda desa kami segera teratasi.

“Karena kasihan warga ketika musim hujan datang harus mengungsi akibat dampak banjir yang terjadi dari luapan air sungai Citanduy dan Cikidang,” imbuh.(Anton)**

Info Lainnya   KPU Kabupaten Cianjur Akan Telusuri Kebenaran Video Viral Oknum Kades di Kecamatan Cikalongkulon