indokliknews.com

Situs Media Informasi Aktual, Akurat, Terkini dan Inspiratif

Panwaslu Rancaekek Gelar Launching“ Kampung Pengawasan Partisipatif Pilkada Kabupaten Bandung 2024", Ihwan Wardana: Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Sambut Demokrasi dengan Ceria!

Panwaslu Rancaekek Gelar Launching“ Kampung Pengawasan Partisipatif Pilkada Kabupaten Bandung 2024", Ihwan Wardana: Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Sambut Demokrasi dengan Ceria!

Smallest Font
Largest Font

INDOKLIKNEWS.COM, - Dalam rangka pencegahan serta peningkatan partisipatif Masyarakat dalam melakukan pengawasan pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024

Panwaslu Rancaekek melaksanakan kegiatan Launching “Kampung Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 di Kabupaten Bandung”. di Rumah Makan Heyho Eatery, Jalan GKPN No. 16, Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Jumat (19/7/2024).

Pemungutan suara Pilkada serentak akan dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024 mendatang, termasuk Kabupaten Bandung menjadi salah satu daerah yang akan melaksanakannya.

Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Rancaekek, Susanto Sudarsono, SH. menjelaskan Forum Warga Pengawas Pilkada ini adalah salah satu pola pencegahan sesuai yang diamanatkan kepada Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Selain itu pada launching ini, dihadiri dua forum warga yang menandatangani nota kesepakatan yaitu dari Rancaekek Community (RC) dan pengiat Seni Sunda Land Kreatif.

"Diharapkan dengan adanya dua forum warga ini, bisa menyerap informasi dan cepat menyebar di kalangan masyarakat terkait pengawasan partisipatif ini," ujarnya saat menyampaikan sambutannya pada Jumat (19/7/2024).

Susanto menambahkan bahwa pengawasan pada Pilkada 2024 nanti bukanlah tanggung jawab dari Bawaslu saja, tapi merupakan tanggung jawab semua lapisan masyarakat.

"Masyarakat bisa ikut berperan dalam mengawasi, jika terjadi adanya dugaan pelanggaran bisa ikut melaporkan ke Bawaslu melalui Panwaslu kecamatan serta ke PKD yang ada di Desa/Kelurahan," katanya.

Pada forum ini, Panwaslu Rancaekek berharap kepada seluruh warga bisa bersama-sama mengawal jalannya Pilkada 2024 yang sebentar lagi akan digelar pada 27 November 2024.

Ketua Panwaslu Rancaekek, ihwan Wardana dalam sambutannya mengatakan peran Panwaslu dalam mengawasi dan mengawal Pilkada sangat krusial, baik dalam tahap pengawasan maupun dalam pelaksanaannya.

Karena itu, menurut Iwan, setiap potensi dan masalah harus diantisipasi, kunci suksesnya pilkada adalah semua pihak bersinergi dengan Pemerintah stakeholder serta berpedoman pada Peraturan Perundangan-undangan yang berlaku dan peraturan Bawaslu No.02 Tahun 2023 Tentang Pengawasan Partisipatif.

Ihwan menuturkan, mengawasi Pilkada bukan hanya menjadi sebuah pekerjaan, tetapi juga panggilan untuk melayani masyarakat. Kemudian, Ihwan mengajak semua pihak terkait berkomitmen dan berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat serta menjaga kondusifitas dalam seluruh tahap yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selanjutnya Ihwan berharap, semua anggota bekerja dengan sungguh-sungguh, kolaborasi dengan semua pihak untuk tingkatkan partisipasi pemilih. Serta pastikan semua elemen pengawasan memahami pemahaman yang utuh, semua masyarakat, khusunya di daerah Kabupaten Bandung bisa sama-sama mensukseskan Pilakada 2024 nanti pada bulan November 2024 mendatang.

"Khususnya untuk pengawasan pemilu mesti di edukasi untuk warga ini, supaya masyarakat ikut serta dalam pengawasan Pilkada. Maka kita ajak kerjasama dengan membuat MoU," pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri langsung oleh Camat Rancaekek Ir. H. Diar Hadi Gusdinar MS.i, Rangga Stap Bawaslu Kabupaten Bandung, Nara Sumber dariTenaga Ahli DPR RI, Widi Cakrawan, KUA Rancaekek, H. Ajang, S.Ag., M.SY, Ketua MUI Rancaekek, H. Ir. Elan Jaelani, jajaran Panwascam Rancaekek,
Asep Somantri Divisi HP2HM, Adi Krisnawan Divisi P3S, Kesekretariatan panwaslu, Ketua TP PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Rancaekek, Rancaekek Comminity (RC), Pengiat Seni Sunda Land dan undangan lainnya.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
REDAKSI Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow